88 Rumah Akan Dibangun Melalui Program Berbasis Komunitas

66

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Pemkab Batubara menargetkan 7000an bangunan baru rumah Berbasis Komunitas hingga 2023, saat ini Pemkab Batubara akan segera bangun rumah sebanyak 88 unit melalui program pembangunan baru Berbasis Komunitas di Desa pulau sejuk Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batubara.

Bangunan rumah Berbasis Komunitas ini merupakan bantuan bagi masyarakat yang tidak memiliki rumah, namun memilik tanah,

hal ini dikatakan Bupati Batubara Ir Zahir melalui Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Norma Deli Siregar saat surve lokasi pembangunan rumah, Rabu (11/09/2019)

Norma yang didampingi Kabid Perumahan Yasir mengatakan pembangunan rumah baru Berbasis Komunitas ini salah satu bantuan dari pusat yang dikucurkan ke Pemkab Batubara dengan sasaran yang tidak memiliki rumah tetapi memiliki tanah.

“Pembangunan baru rumah Berbasis Komunitas ini dengan cara satu hamparan dengan jumlah 88 pintu yang akan dibangun. Saat ini Sekretaris Perkim bersama Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan langsung meninjau lokasi yang akan dibangun rumah tersebut di Desa Pulau sejuk

Menurut Norma, terdapat beberapa penyebab adanya Backlog di Batubara, seperti masih kurangnya kemampuan daya beli masyarakat khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam memenuhi kebutuhan rumah.

Untuk itulah, Pemerintah Batubara akan terus saling bersinergi dengan pemerintah Provinsi dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam menekan jumlah kekurangan rumah (Backlog) tersebut dengan berbagai program strategis.

Hal itu mengemuka saat Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan melakukan peninjauan proyek pembangunan perumahan Berbasis Komunitas yang tak memiliki rumah, namun memiliki tanah serta berpenghasilan rendah..

“Ada sebanyak 88 bantuan rumah bagi warga miskin yang tak memiliki rumah dalam kurun 3 bulan ini akan rampung dibagun di Batubara, Dari jumlah Backlog di Kabupaten Batubara ada 7000-an lebih, sesuai visi dan misi Bupati, ini harus dituntaskan dalam waktu 5 tahun kedepan” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Perumahan Dinas Perkim Batubara, Ahmad Yasir menerangkan, bahwa pembangunan perumahan dan permukiman ini harus dilakukan dengan baik, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Batubara sesuai visi dan misi Bupati.

“Oleh karena itu, rencana 88 unit pembangunan baru perumahaan Berbasis Kominitas yang akan dibagun ini harus didukung oleh kebijakan yang strategis dan program yang komprehensif. Sehingga selain memenuhi hak dasar rakyat juga turut meningkatkan taraf hidup masyarakat Batubara,” imbuh Yasir.

Ia berharap, dengan adanya program pembangunan baru perumahaan berbasis Kominitas yang difasilitasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu, dapat mempercepat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Batubara.

“Kami menyambut baik serta mengapresiasi kebijakan yang telah diambil pemerintah pusat. Guna merealisasikan hal tersebut, kami kita dari Pemkab Batubara sudah menganggarkan 400 juta untuk pengerasan jalan dan listrik bagi 88 rumah tersebut, sedangkan provinsi akan menyediakan Jalan dan MCK bagi perumahan. Tutupnya.

Reporter: Supriadi/pr

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini