Agar Tidak Golput, KPU Diminta Gencar Sosialisasikan Pemilu 2019 ke Pemilih Pemula

57

Komisi Pemilihan Umum (KPU) diingatkan agar gencar melakukan sosialisasi khususnya untuk pemilih pemula yang masih bersekolah menjelang pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 April nanti.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPP PPP, Zaky Mahendra di Bekasi Jawa barat mengatakan hal itu penting mengingat pelaksanaan yang jatuh pada 17 April itu berdekatan dengan jadwal pelaksanan ujian nasional. Meski tidak bersamaan, diharapkan sosialisasi KPU mampu meningkatkan atensi pemilih pemula.

“Bagi saya sosialisasi KPU itu harus dilakukan terutama di sekolah-sekolah karena April itu mereka akan masuk ujian nasional. Saya rasa itu akan bisa membuat orang golput karena konsentrasi mereka bisa terpecah,” ujar Zaky

Dia menilai sosialisasi dilaksanakan langsung ke sekolah-sekolah untuk menambah pemahaman pentingnya pemilu bagi pemilih pemula. Pasalnya kelompok milenial ini memiliki adaptasi politik agak berbeda dengan kelompok umur yang lebih tua. Mereka kebanyakan bisa apatis karena menganggap dinamika politik tidak menarik dan jauh dari keseharian mereka.

Menurutnya, jika para pemilih pemula ini dikelola dengan baik bisa menjadi penentu kemenangan. Pasalnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat ada 5 juta lebih pemilih pemula memiliki hak pilih pada Pemilu 2019 dan dimungkinkan tidak sedikit masih duduk di bangku sekolah.

“Kalau tidak disosialisiskan dengan gencar, maka mungkin di pemilu selanjutnya juga mereka bisa saja golput, karena tidak diajari dengan baik untuk memilih dan mendukung peserta pemilu,” ujarnya.

Dia pun mengharapkan, dalam pelaksanaan Pileg maupun Pilpres setelahnya dapat terselenggara baik. Dia berpesan agar KPU maupun Bawaslu bisa bekerja sama sehingga tercipta iklim perpolitikan yang demokratis. (FBN_Eco)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini