08/14/2022
Post Visitors:51

FBN – KABUPATEN BEKASI || Setelah kurang lebih 15 hari Masyarakat demo di jembatan pintu air antara desa Waluya dan Karang Raharja Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, terkait air kali Cilemahabang yang hitam bau dan berbusa, alhasil hanya beberapa hari saja air kali Cilemahabang bening. Minggu(9/8/20).

Masyarakat sekitaran kali Cilemahabang yang berada di wilayah desa Waluya dan desa Karang Raharja sudah mulai berteriak-teriak lagi terutama ibu ibu yang sering menggunakan air kali tersebut untuk mencuci pakaian dan mandi.

Dikatakan Ronih salah satu warga yang biasa menggunakan air kali untuk mencuci pakaian, “ini air kali sebentar hitam, sebentar bening, sebentar bau,” Terus kaya berminyak ini mah kalau dipake mandi udah pada gatel, yang ada muka badan bisa pada cemongan udah kaya kena pantat dangdang “ujarnya yang sedang bersama ibu ibu lainnya, saat meluapkan kekesalannya.

Bahkan warga perumahan Bumi Citra Lestari pun pada berteriak, mereka kebanyakan menggunakan air WTP yang sumber airnya dari kali Cilemahabang dipakai juga oleh warga BCL, air tersebut baunya udah kaya bau koco.

Ada juga yang mengatakan biasanya kalau air permukaan hitam dibawahnya ada kandungan minyaknya dan lumpurnya mengandung emas, mungkin lagi diperdalami sama yang berkepetingan supaya jadi sumber pendapatan daerah.

Masyarakat berharap kepada para pejabat Pemerintah Daerah untuk benar-benar serius dalam mengatasi permasalah air kali Cilemahabang ini, apa lagi diwilayah sekitar kali Cilemahabang ada rumah bapak Bupati H.Eka Supria Atmaja yang tiap harinya melewati jalan pinggiran kali dan juga ada pak Dewan juga, dr Asep Surya Atmaja serta Kepala Desanya juga pak Dedi Cahyadi. Mereka merupakan tiga putra terbaik diwaluya, bagaimana bisa 2x lebih baik toh kampung sendiri saja baru 1x saja seperti ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup H. Peno Suryatno SH.MM yang pada saat Masyarakat demo beliau ikut hadir juga dan menyaksikan kebenarannya air kali Cilemahabang yang hitam bau dan berbusa, coba dong biar lebih serius lagi dalam mengatasi permasalahan kali ini, kan ini masuk diranah lingkungan hidup juga.

Ya intinya kami semua Masyarakat berharap kepada para pejabat pemerintah yang terkait dengan permasalahan air kali Cilemahabang agar segera mungkin adanya tindakan serius dan berani memberikan sangsi terhadap pada pelaku usaha yang sudah merusak dan jahat terhadap lingkungan.

(Saipul Azis)

%d blogger menyukai ini: