01/28/2023
Post Visitors:75

FBN – PALANGKARAYA || Ratusan Pemuda dari berbagai Ormas serta Perguruan Tinggi Negri maupun Swasta di Palangkaraya, bergerak atas dasar keresahan bersama mengenai permasalahan yang terjadi di Kalimantan Tengah. Mereka yang menamakan dirinya Aliansi Pemuda Perduli Kinipan (APPK) menggelar aksi damai dan teatrikal di Tugu Soekarno Jln.S Parman Palangkaraya, minggu (30/08/2020).

Kerusakan lingkungan yang ditenggarai terjadi karena oleh Koorporasilah yang membangkitkan gerakan para pemuda ini berasama untuk bersuara lantang membela masyarakat adat Laman Kinipan dan Hutan Adat yang mereka pertahankan.

Beberapa point tuntutan mereka diantaranya :
1. Menuntut pihak Polda Kalteng tidak hanya menangguhakan penahanan tapi menghapus semua perkara yang dituduhkan kepada Masyarakat Laman Kinipan tanpa syarat.
2. Mendesak Polri dan Komnas HAM mengusut tuntas tindakan yang dinilai sarat kriminalisasi terhadap Efendi Buhing dkk.
3. Mendesak Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah serta Pemda Kabupaten membuat Perda tentang pengakuan dan perlindungan Masyarakat Hukum Adat serta penetapan Kawasan Hutan Adat Laman Kinipan.
4. Mendesak Kementrian Lingkungan Hidup meninjau kembali perijinal PT. SML (Sawit Mandiri Lestari).
Dan beberapa tuntutan suntansial yang dianggap bisa menyelesaikan Masalah Konflik Laman Kinipan dan PT. SML.

Sementara ini ditempat yang sama, Arfandi, Presiden Mahasiswa Universitas Kristen Palangka Raya mengatakan, “Suku Bangsa Dayak mengenal tiga hukum Hukum Adat Hukum Negara dan Hukum Rimba, ketika kedua hukum positif yang pertama tidak di indahkan, maka akan berlaku hukum yang ke tiga.
Itu akan terjadi bila masyarakat minta pembelaan dari pemerintah pusat provinsi bahkan kabupaten tetap diindahkan.

5 orang yang di tangkap di desa kinipan,
Sampai ke 4 Sodara Riswan, Dayak itu sabar tidak bergerak, Tapi ketika pak Effendi Buhing ditangkap, lihatlah pergerakan yang ada, semua unsur akan berangkat untuk membela Tanah Air dan sodara satu darah dayak mereka,”. Paparnya.

“Gerakan Hari ini dilakukan oleh pemuda yang peduli pada Hutan dan Masyarakat Adat Kalteng, Murni dari hati nurani yang mendalam atas peristiwa yang terjadi di kinipan, Ini adalah gerakan moral yang dilakukan oleh Pemuda Kalteng,” pungkasnya mengakhiri wawancara.

Pewarta : Leny

You cannot copy content of this page

%d blogger menyukai ini: