Menu

Mode Gelap

Fokus Berita Daerah · 28 Nov 2020 07:10 WIB ·

Alat Dan Teknologi Yang Tepat PT. Fajar Paper Komitmen Jaga Lingkungan


					Alat Dan Teknologi Yang Tepat PT. Fajar Paper Komitmen Jaga Lingkungan Perbesar

Gerbang depan PT. Fajar Paper.

FBN – Kabupaten Bekasi || PT Pajar Paper Surya Wisesa Tbk, atau yang di kenal dengan Fajar Paper adalah salah satu perusahaan yang berkomitmen untuk mematuhi peraturan yang berlaku, terutama terkait dengan kelestarian lingkungan hudup (27-11-2020).

Sebagai bentuk komitmennya, Fajar Paper menjaga lingkungan dengan menggunakan alat dan teknologi yang tepat dan dalam menjalankan usahanya Fajar Paper berusaha mematuhi peraturan yang berlaku khususnya dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.

Fajar Paper merupakan salah satu produsen kertas industri, (kertas kemasan, red), berbahan baku kertas daur ulang yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, dan sudah beroperasi selama lebih dari 30 tahun.

Saat ini Fajar Paper mempekerjakan lebih dari tiga ribu pekerja secara langsung yang sebagian besar berdomisili disekitar pabrik dan wilayah Kabupaten Bekasi. Juga ada puluhan ribu pekerja tidak langsung sebagai pengepul kertas daur ulang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Usaha pengumpulan kertas bekas banyak diminati masyarakat perkotaan dan juga pedesaan, dan merupakan suatu jaringan usaha yang sangat luas, tersebar sampai kepelosok nusantara serta dapat membangkitkan kegiatan ekonomi masyarakat di berbagai sektor.

Produk utama Fajar Paper menggunakan bahan baku 100% dari kertas daur ulang dan produknya environ metal mendly. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya beberapa sertifikat dari berbagai instansi, seperti Sertifikat Ecolabel, Sertifikat Daur Ulang dan Penghargaan Industri Hijau, yang di keluarkan oleh Kementrian Perindustrian.

“Dalam kegiatan pengolahan kertas, Fajar paper memanfaatkan air sungai di Kota Cikarang sebagai bahan baku untuk proses pengelolaan air produksi,” ungkap ketua pelaksana CSR, Fajar Paper, Kurniawan, kepada media, Jum’at ( 27-11-2020).

Sedangkan terkait limbah cair Fajar Paper terus berupaya memberikan usaha terbaiknya, dalam mematuhi peraturan terkait maupun perizinan yang telah Fajar Paper lakukan saat ini. Antara lain dengan memodemisasi Waste Water Treatment yang saat ini telah mampu melalui penggunaan teknologi terkini dengan tambahan investigasi yang cukup besar.

“Salah satu teknologi yang saat ini kami kembangkan adalah melalui upflow Anaerobic studge Blanket, suatu teknologi system pengolahan air limbah yang berasal dan Belanda,” ujar Kurniawan.

Lebih penting lagi Fajar Paper juga berkomitmen untuk hanya membuang limbah cair melalui satu saluran sesuai dengan perijinan yang diperolehnya, yaitu melalui saluran pembuangan ke sungai Cikarang Bekasi Laut (CBL).

Ia menambahkan selain dari pada limbah cair, Fajar Paper berkomitmen juga untuk mengelola limbah non-B3 (limbah tidak beracun dan tidak berbahaya), dengan pengelolaan yang terukur dan baik.

Dalam hal ini Fajar Paper berkerja sama dengan Bank Sampah yang merupakan mitra kerja yang di rekomendasikan pemerintah untuk pengolahan limbah Non-B3 yang berkelanjutan, yang dalam pelaksanaan juga memberdayakan masyarakat sekitar.

Pemberdayaan masyarakat sekitar tersebut merupakan salah satu bentuk sumbangan Fajar Paper terhadap lingkungan sekitar.

Selain dalam bentuk bantuan sumbangan, yang telah Fajar Paper lakukan sejak perusahaan ini didirikan hingga sampai saat ini antara lain, program air bersih dan pengadaan buku tulis yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitar perusahaan dan tetap berkomitmen meneruskan program CSR, walaupun di tengah masa pandemi ini tuturnya.(Tiray)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kapolresta Pekanbaru Lakukan Kunjungan Kerja Dalam Rangka Peninjauan Kegiatan Gerai Vaksin Polsek Tampan

28 Januari 2022 - 10:10 WIB

Patroli Blue Light Cegah Kejahatan C3 Yang Sangat Meresahkan Masyarakat

28 Januari 2022 - 09:56 WIB

Camat Habazoh Sudah Bosan Menjadi Camat Pamenang

28 Januari 2022 - 09:47 WIB

Kapolda Kalbar Hadiri Silaturahmi Merah Putih, Ajak Masyarakat Bersama-sama Jaga Ketertiban dan Keamanan

27 Januari 2022 - 21:37 WIB

Tim Biro Rena Polda Riau Lakukan Study Kelayakan Peningkatan type Polsub Sektor Gunung Toar dan Polsub Sektor Inuman Menjadi POLSEK

27 Januari 2022 - 19:20 WIB

Sinergi Dan Kerjasama Dalam Berantas Narkoba, Kapolda Riau Berkunjung Ke Ka BNNP

27 Januari 2022 - 14:59 WIB

Trending di Fokus Berita Daerah