Ambu Icot Warga Desa Kertarahayu Cibuaya Selama 6 Tahun Tinggal di Gubug Derita

67

KARAWANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Hasil penelusuran di dusun sarengseng Rt/Rw 009/003 Desa Kertarahayu Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, ada 4 rumah tidak layak huni ( Rutilahu ) 1. Rumah ambu Icot (2) rumah Abah Niang (3) rumah Abah Tian (4) rumah Ambu Rani.

Terlihat atap bisa membahayakan penghuni, rangka rumah serta dinding yang tidak layak serta lantai yang masih tanah. aspek kesehatan yang belum memadai seperti pencahayaan dan sirkulasi udara yang buruk.

Dari sisi utilitas seperti sarana MCK dan Tempat Pembuangan Sampah yang tidak ada. warga dusun sarengseng lll Rt/Rw.009/003 Desa Kertarahayu, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Ambu Icot tinggal di lingkungan Majlis Ta’lim ANNUR.+ 5 tahun.

Ambu Icot saat di wawancara FBN di gubugnya pada (13/07/19) Ambu Icot mengatakan kepada FBN, tinggal di gubuh ini seorang diri punya anak 1 tidak tau dimana adanya, kata ambu Icot Alhamdulillah di kasi ijin membangun gubug ini di tanah wakaf Majlis Ta’lim ANNUR oleh Ust. Hotib.

Ambu Icot mengatakan lebih lanjut terlihat sambil meneteskan air mata, menurutnya untuk makan sehari-hari mengharapkan pengasih dari Hamba Allah,ungkapnya kepada FBN.

Sementara Darna tokoh masyarakat desa kertarahayu mengatakan kepada FBN mohon kepada pemerintah melalui DINSOS Kabupaten Karawang untuk membangun gubug Ambu Icot Rumah tidak layak huni ( Rutilahu ) agar menjadi rumah layak huni,
Kondisi lingkungannya yang dipenuhi rumah warga. Rumahnya atau lebih tepat disebut gubuk hanya berukuran 3 m X 4 m.Di gubuk itu Ambu Icot tinggal seorang diri selama 6 tahun.

Salim selaku Wakil Perangkat Desa dusun sarengseng lll menerangkan, dirinya prihatin melihat gubuk si abah yang mau roboh itu sampai ditunjangi bambu, seringkali mengajukan Rutilahu ke Dinas PRKP (Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman) namun tidak ada tanggapan kabar nya nihil.

Reporter : A. Rachmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini