Menu

Mode Gelap

Fokus Pemerintahan · 21 Jan 2022 11:44 WIB

Anggota BPD Desa Ciptamarga Dan Desa Kampung Sawah Melaksanakan Bimtek Susulan Tahun 2021


					Anggota BPD Desa Ciptamarga Dan Desa Kampung Sawah Melaksanakan Bimtek Susulan Tahun 2021 Perbesar

Bimtek tersebut dihadiri oleh Dua narasumber dan seluruh anggota BPD dari Desa Ciptamarga Dan Desa Kampung Sawah.

FOKUS BERITA KARAWANG – Dengan dilaksanakannya Kegiatan Susulan Bimtek Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tinggal sisa yang baru melaksanakan yaitu Dua Instansi Lembaga BPD Desa Ciptamarga Dan BPD Kampung Sawah seharusnya dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2021, Bimtek tersebut yang dihadiri oleh Dua narasumber dan seluruh anggota BPD dari Desa Ciptamarga Dan Desa Kampung Sawah yang bertempat Di Aula Kantor Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang. Kamis (20/01/2021).

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem Pemerintahan Desa sekarang ini menempati posisi yang sangat penting.Tapi sebenarnya apa saja tugas para anggota BPD sehingga menjadi begitu penting bagi Desa nya masing-masing, fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa. dari tugas ini sudah jelas BPD adalah Lembaga yang memiliki kekuatan untuk bakal menjadi pedoman pelaksanaan Pembangunan Desa.

“Junaedi Spd (Ketua BPD Ciptamarga) Menyampaikan kepada awak media online fokusberitanasoonal.net Dengan dilaksanakannya susulan Bimtek Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa(BPD) Kecamatan Jakarta tahun 2021 yang dilaksanakan tinggal Anggota BPD Dua Desa yaitu Desa Ciptamarga dan Desa Kampung Sawah untuk memotivasi agar supaya kita tahu dan paham apa tugas dan fungsi tupoksi kerja BPD di Desa, karena selama ini jarang ada Bimtek BPD jadi kita kurang begitu paham dengan tugas yang sebenarnya yang dilakukan BPD terhadap pembangunan Pemerintahan Desa.

Lanjut, Bimtek susulan Peningkatan Kapasitas BPD supaya dapat memahami tentang undang-undang Pemerintahan Desa yang terbaru Tahun 2020 dengan adanya Bimtek ini mudah-mudahan saja akan lebih ada peningkatan seluruh tugas dan tupoksi kerja BPD agar supaya menjadi Mitra dan mengawasi pelaksanaan Pembangunan Desa yang ada di Desa nya masing-masing. tuturnya.

Alhamdulillah Pelaksanaan Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD berjalan lancar dan bermanfaat terhadap kami sebagai BPD untuk memberikan motivasi dan pemahaman tentang aturan kerja dengan tupoksi dan pungsinya masing-masing. Ujarnya.

Ditempat yang sama Camat Jayakerta Budiman Achmad, S.Sos,M.AP menambahkan Kegiatan Pelaksanaan susulan Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD di wilayah Kecamatan Jayakerta dilaksanakan untuk melengkapi Desa-Desa yang belum melaksanakan kegiatan Bimtek, dengan Bimtek mandirinya BPD ini kami sengaja mengusung Permendagri nomor 73 tahun 2020 di mana dalam Permendagri tersebut ada instrumen yang harus dipedomani oleh BPD di dalam melaksanakan pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Masih lanjut Budiman Achmad, Tadi sudah kami sampaikan ada beberapa poin yang harus betul-betul dikuasai BPD sehingga kedepan BPD dapat menjalankan fungsinya sesuai dengan regulasi kalau selama ini BPD belum memiliki instrumen atau alat kontrol untuk melaksanakan Bagaimana aplikasi terhadap pelaksanaan tugasnya di lapangan juga perlu ada sosialisasi ke jajaran Pemerintah Desa, dengan harapan Kepala Desa selaku eksekutif dalam melaksanakan program kegiatan berawal dari perencanaan sampai pelaporan itu agar satu pemahaman dengan BPD karena BPD mendapatkan pembekalan khusus didalam Permendagri nomor 73 tahun 2020.

Pada kesempatan sekarang ini mari kita sama-sama bersinergi dengan adanya Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD di wilayah Kecamatan Jayakerta kebetulan BPD yang 6 (Enam) Desa lainnya sudah melaksanakan nya, dan hari ini yang terakhir dirampungkan Bimtek susulan tinggal Dua Desa yang sekarang menyusul Bimteknya yaitu Anggota BPD Desa Ciptamarga dan Desa Kampung Sawah dikarenakan beberapa waktu yang lalu Dua Desa ini tertinggal karena kegiatannya berbarengan dengan kegiatan yang lain,Saya berharap semua anggota BPD itu hadir lengkap dan memperbanyak agar dapat bisa dipahami. Ujarnya. (Man)

Facebook Comments Box

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

L’BARU GOT TO SCHOOL, Inovasi Terbaru Dalam Mengejar WBBM Tahun 2022

25 Mei 2022 - 12:04 WIB

Disnasker Fokus Pada Pelatihan Pembentukan Tenaga Kerja Profesional

25 Mei 2022 - 08:50 WIB

Siswa – Siswi SMKN 1 Pakisjaya, Antusias Mengikuti Rekam Data E-KTP, Kepsek Sangat Apresiasi

25 Mei 2022 - 08:21 WIB

Dinas Peternakan Kabupaten Bekasi Terjunkan Satgas Antisipasi PMK

25 Mei 2022 - 00:33 WIB

PSN 3M Cara Efektif Lakukan Pencegahan Penyakit DBD

24 Mei 2022 - 23:52 WIB

DPRD Kabupaten Karawang Konsultasi Penurunan Laju Penduduk di Kota Bekasi

24 Mei 2022 - 23:40 WIB

Trending di Fokus Pemerintahan
%d blogger menyukai ini: