08/17/2022
Post Visitors:44

KALBAR, MELAWI – FBN | Walaupun saat ini musim hujan masih melanda Kabupaten Melawi. Namun saat pertengahan tahun musim bercocok tanam, Musim kemarau berkepanjangan biasanya juga terjadi pada waktu bersamaan.

Musim kemarau yang sangat berpotensi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Dalam mengantisipasi hal tersebut, Polres Melawi melalui Satgas “Operasi Bina Karuna Kapuas 2020” bersama tim pemadam Karhutla dan masyarakat melakukan pelatihan simulasi pemadaman kebakaran di daerah perkebunan sawit PT. SDK I Desa Batu Buil, Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi, Kamis (23/7/2020).

Dalam kegiatan ini, Dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H (selaku Ka Ops Res Bina Karuna Polres Melawi) didampingi Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana, S.E., M.M, Kasat Binmas Iptu Haryono, Kasubbag Humas AKP Herno Mintoro, Para Perwira dan Anggota serta dihadiri juga oleh Pimpinan PT. SDK I Buil maupun Karyawan.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi menyampaikan simulasi tersebut digelar agar semua pihak memiliki dasar kemampuan menanggulangi api saat terjadinya Karhutla. Pihaknya juga bersinergi dengan Pemerintah, swasta serta pihak perusahaan dan masyarakat dalam mengantisipasi dan menanggulangi terjadinya Karhutla di Kabupaten Melawi.

“Simulasi dilakukan agar semua pihak memiliki dasar kemampuan menanggulangi api saat Karhutla terjadi. Apalagi Kabupaten Melawi memiliki hutan yang cukup luas. Melawi juga menjadi salah satu Kabupaten yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Kapolres.

Sebab, menurutnya , memang setiap tahunnya pasti ada masyarakat yang melaksanakan kegiatan pembakaran lahan dengan tujuan membuka ladang maupun sawah atau perkebunan, yang mana kebakaran tersebut dapat membuat menurunnya kesehatan masyarakat, menggangu aktivitas belajar anak di sekolah maupun menghambat transportasi penerbangan maupun di darat.

“Di Kabupaten Melawi sendiri masih terdapat beberapa titik hutan yang rentan terjadi kebakaran. Karena itu kita berharap simulasi ini dapat menambah tingkat kewaspadaan semua elemen masyarakat. Semua pihak harus bisa berupaya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Termasuk dikebun milik perusahaan,” tuturnya.

Sementara itu, (Kasat Binmas) Kapusdalops Operasi Bina Karuna Polres Melawi Iptu Haryono menjelaskan “Kita awali dengan apel gabungan, dengan pemberian materi kepada tim pemadam kebakaran milik PT. SDK I ini, Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan,” ucapnya.

“Bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan “Operasi Bina Karuna Kapuas 2020”, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pemadam kebakaran dan masyarakat dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan sehingga dapat membantu apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan,”jelasnya.

“Dengan kegiatan ini diharapkan kepada para peserta yang hadir bisa mengaplikasi dilapangan, Selain itu juga bisa bersinergi dengan Polri serta seluruh Instansi terkait lainnya. Kegiatan ini juga dilakukan dengan tidak mengenyampingkan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya.

Dalam kegiatan simulasi pemadam kebakaran tersebut, Terlebih dahulu dilakukan pengecek sarana dan prasarana peralatan pemadam kebakaran yang dimiliki oleh PT. SDK I Buil oleh Kapolres Melawi dan rombongan. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan maka peralatan tersebut harus dalam keadaan siap pakai dan dapat dioperasikan dalam kegiatan pemadam kebakaran dilingkungan perusahaan.

Sumber : Humas Polres Melawi
Publish : Didik

%d blogger menyukai ini: