Antisipasi Kebakaran dan Kabut Asap, Satgas Bina Karuna Polres Melawi Gencar Sosialisasi

52

KAB. MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL | Kepolisian Resor Melawi dalam “Operasi Bina Karuna Kapuas 2019” terus melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Melawi. Sosialisasi dilakukan melalui kampanye simpatik pencegahan Karhutla, sambang Desa mengunjungi Tokoh Masyarakat yaitu Kepala Desa serta Perangkat Desa dan juga anjangsana kepada kelompok masyarakat atau perorangan.

Kali ini, Dengan menempuh jarak sekitar 1 jam perjalanan. Jalan berbatu serta berlubang beberapa kali terdengar gesekan antara mobil dan jalan, tidak menyurutkan niatan Satgas Preemtif Operasi Bina Karuna Polres Melawi menyambangi Desa Semadin Lengkong Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi untuk menyampaikan himbauan larangan membakar hutan dan lahan melalui Maklumat Kapolda Kalbar dan Spanduk himbauan, Rabu (07/8/2019) pagi.

Kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini, Dipimpin Kasatgas Preemtif (Kasat Binmas) AKP TP. Marbun diwakili oleh Anggota Preemtif Brigadir Ngadino, Briptu Oktavianus, Bripda Dio dan Bripda Prayogo.

Selain sosialisasi, kegiatan patroli terpadu juga dilakukan di Kabupaten Melawi, begitu pula dengan penguatan sinergitas upaya ini terus dibangun oleh Polres Melawi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi melalui BPBD, dan pihak TNI, Pelaku Usaha seperti Perusahan Kebun Sawit dan masyarakat.

Upaya pencegahan lainnya juga terus ditingkatkan oleh Polres Melawi dan Jajaran melalui “Operasi Bina Karuna 2019” seperti deteksi dini, pengecekan lapangan/groundchek dan pemadaman dini kebakaran hutan dan lahan. Polres Melawi serta instansi terkait akan cepat merespons hasil pemantauan titik panas, atau pun laporan kejadian karhutla, agar kebakaran tidak membesar dan berdampak pada munculnya asap.

Reporter: Didik Purnomo, SH