09/24/2022
Post Visitors:37

FBN – PADANGSIDIMPUAN || Aliansi Mahasiswa Pemuda Social Control Kota Padangsidimpuan, menggelar unjuk rasa di depan kantor Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan, Rabu ( 19 /08/ 2020 ) jalan Serma Lian Kosong no.08 Padangsidimpuan, Sumatera Utara.

Dalam pernyataan sikap yang di sampaikan para pengunjukrasa kepada pihak Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan, antara lain : agar segera melakukan langkah langkah penyidikan hukum terkait dengan adanya laporan pengaduan awal dan penemuan indikasi dugaan kerugian keuangan negara dari hasil investigasi secara tuntas, tanpa tebang pilih pada dinas Kominfo Kota Padangsidimpuan yang terkait dengan kegiatan tersebut dan dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum.

Serta segera memanggil dan memeriksa Kadis Kominfo, Kadis PUPR, Kadis Pendidikan, kadis lingkungan hidup kota Padangsidimpuan sebagai kuasa pengguna anggaran dan yang terlibat dugaan korupsi tersebut. Pada pernyataan sikap tertera tanda tangan Ary Azi dari Pemuda Mahasiswa Social Control ( PEMASOC ) Padangsidimpuan dan Ahmad Yani dari Front Aksi Mahasiswa Untuk Reformasi & Demokrasi.

Sebelumnya, para pengunjukrasa melancarkan aksinya di kantor Walikota Kota Padangsidimpuan, di lanjutkan berorasi di depan kantor Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan. Dengan menyampaikan tuntutannya / pernyataan sikap, para demonstran berhadapan dengan pihak kejaksaan dalam kesempatannya oleh Kasi Datun Kejari Padangsidimpuan Noferius Lombu, SH, MH bersama rekan-rekannya.

Pantauan di lokasi, di sambut baik oleh Kasi Datun Kejari Padangsidimpuan Noferius Lombu, SH MH, serta menjawab orasi para demonstran, ia mengatakan pihaknya dari kejaksaan akan menelusuri serta menindak lanjuti tuntutan tersebut sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku di Indonesia.

” Pihak kita lagi Melakukan telaahan semua laporan yang di sampaikan ke kejaksaan oleh pihak demonstran, pihak Kominfo lagi di tangani untuk pengumpulan data sehingga beberapa pejabat telah di undangan atas tuntutan aliansi Mahasiswa sebagaimana laporan yang telah di laporkan oleh aliansi mahasiswa,” tutur Kasi Datun Kejari Padangsidimpuan.

Di tempat terpisah, Kasi Intel Kejari Padangsidimpuan Sonang Simanjuntak, SH, membenarkan bahwa tuntutan para demonstran tersebut sedang di lakukan pemeriksaan terhadap Dinas dinas, yang di duga telah merugikan keuangan negara oleh para demonstran.

” Proses pemeriksaan memang lagi berjalan, namun kita juga dari pihak Kejaksaan tetap ber koordinasi dengan APIP ( Inspektorat Kota Padangsidimpuan ), sesuai dengan aturan yang berlaku, nantinya Terkait dugaan korupsi tersebut harus terlebih dahulu di tangani oleh pihak APIP, kita juga tidak akan lepas tangan dalam menjalankan tugas sesuai UU,” tuturnya.

Tambahnya, ” Minggu depan, Pihak kejaksaan nantinya akan memanggil pihak pelapor guna tindak lanjut penanganan kasus tersebut yang telah di laporkan oleh pihak pelapor, ” ujar Kasi Intel Kejari Padangsidimpuan Sonang Simanjuntak, SH menguatkan kalimat yang telah di utarakan oleh Kasi Datun saat menjawab orasi dari para demonstran. ( FBN 050 )

%d blogger menyukai ini: