Berkat Tangan Dingin Kades Wadas, Dampak Banjir dan Longsor Kali Kalapa Akan Segera Teratasi

24

FBN – Karawang ||
Dampak Kali Kalapa terhadap masyarakat Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang sudah berulang kali menyebabkan banjir serta longsor akan segera diatasi. Berkat perjuangan Pemerintah Desa (Pemdes) bersama semua unsur masyarakat yang dipimpin langsung oleh H. Junaedi selaku Kepala Desa (Kades) Wadas.
Selasa (16/02/2021)

Pekan lalu merupakan gerakan puncak dari gerakan – gerakan sebelumnya. Setelah menggelar rapat dengan beberapa kawasan industri, Kades Wadas bersama unsur masyarakat lainnya yang peduli terhadap masyarakat terdampak, langsung menggelar rapat tindak lanjut bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang yang berlokasi diruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang.

Masih dihari yang sama, Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana, selang beberapa jam setelah adanya rapat antara Pemdes, masyarakat dan Pemkab Karawang. Langsung menggelar rapat dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, sebagai bentuk keseriusan Bupati merespon aspirasi Pemdes dan masyarakat terdampak.

Berdasarkan informasi yang diperoleh oleh wartawan, Bupati Karawang meminta seluruh kawasan industri yang memanfaatkan aliran Kali Kalapa sebagai pembuangan air, ikut serta berpartisipasi dalam penanganan dampak banjir serta longsor yang selama ini menimpa warga. Khususnya kepada Kawasan Jabar Industrial Estate (KJIE) yang sedang memiliki proyek pembangunan real estate Rolling Hills.

Merespon keberhasilan upaya Kades Wadas bersama unsur masyarakat lainnya, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Paguyuban Sundawani Karawang, H. Ranzes Iman Sudirman mengatakan, “Upaya dan ikhtiar pak Kades Junaedi selama ini tidak sia – sia. Paguyuban Sundawani Karawang sebagai lembaga sosial kontrol dan saya pribadi selaku yang terdampak langsung, karena domisili serta rumah tinggal saya berada di Desa Wadas yang sejak awal ikut mengawal perjuangan pak Kades, merasa senang ketika sudah ditemukan solusinya,” Ujarnya.

Ditempat dan waktu berbeda, pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan mengapresiasi perjuangan Kades Wadas yang dianggapnya tidak pernah lelah memperjuangkan nasib masyarakatnya.

Andri yang juga terlihat aktif ikut membantu perjuangan Kades Wadas dan warganya mengungkapkan, “Tujuan tersebut bisa tercapai, berkat tangan dingin pak Kades. Beliau patut diapresiasi, selain keuletannya dalam memperjuangkan nasib masyarakat yang dipimpinnya. Capaian kerja keras dan kerja cerdas pak Kades Junaedi merupakan prestasi luar biasa,” Pungkasnya.

*Topan*