11/27/2022
Post Visitors:45

FBN – Jayapura || BNBP memilih Provinsi Papua sebagai salah satu prioritas dalam program penanggulangan pandemi COVID-19. Program pencegahan dalam bentuk pelatihan 500 relawan di tanah Papua rencananya akan dilangsungkan bulan Desember 2020 ini.

BNPB diwakili oleh Direktur Mitigasi Bencana, Johny Sumbung, dan tim menemui unsur-unsur terkait yang ada di Prov. Papua hari ini, Jumat (13/11/20). Diwakili Direktur Mitigasi Bencana Johny Sumbung, BNPB membangun Sinergitas dengan unsur Pemprov. Papua yang diwakili Kepala Satpol PP dan BPBD Provinsi Papua, Wilem R. Manderi.

Pada momen pertemuan tersebut Direktur Mitigasi Bencana menyampaikan bahwa pelatihan 500 relawan ini sangat penting sebagai upaya penanggulangan pandemi COVID-19 pada tahapan pencegahan, Johny menjelaskan “Kita memerlukan para relawan yang sudah terbukti berperan aktif dimasyarakat untuk mensosialisasikan Prokes 3M (Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga Jarak) secara terlatih, konsisten dan disiplin, Mereka ini yang akan menjadi Agen Perubahan penanggulangan dan pencegahan agar pandemi ini bisa kita atasi dengan maksimal”. Tegas Johny.

Respon yang sama dikeluarkan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw SE. Beliau sangat mendukung pelaksanaan pelatihan relawan ini, dan mengusulkan para pemuda yang sudah terbiasa dalam hal kemanusiaan di wilayahnya untuk mengikuti pelatihan tersebut, dan kemungkinan besar akan dielaborasi dengan program “RT RW Tangguh” yang sudah ada.

Sejalan dengan itu, Rustan Saru selaku Wakil Walikota Jayapura, juga menyatakan dukungannya. Beliau berpesan agar persiapan harus segera dilaksanakan, dan juga akan membantu dalam penyaringan calon peserta pelatihan relawan.
Kordinasi dilanjutkan kepada unsur TNI dan POLRI.

Kasdam Cendrawasih, Brigjen Bambang Trisnohadi menyampaikan dukungannya saat berdiskusi bersama Direktur Mitigasi Bencana dan tim. “Edukasi dan sosialisasi perubahan perilaku merupakan hal penting yang harus kita intervensi” tuturnya. Wakapolda Papua, Matius D Fakhiri, juga menyampaikan dukungannya. Beliau mengingatkan bahwa pada bulan Desember akan dilaksanakan Pilkada di Prov. Papua. “Harus kita antisipasi. Karena situasi pada saat Pilkada itu tidak dapat ditebak. Tapi kami siap mendukung” tegasnya saat Tim Satgas dan BNPB berkoordinasi di Polda Papua.

Harapannya program pelatihan 500 relawan di Provinsi Papua dapat memberikan manfaat nyata pada masyarakat. Tidak hanya mencetak relawan biasa, namun relawan yang sungguh-sungguh rela untuk membawa ketangguhan di tanah Papua.

Pewarta : Leny

%d blogger menyukai ini: