Bupati Batubara Minta Jaga Keharmonisan Antar Umat Beragama

48

KAB. BATU BARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Bupati Batubara Ir H Zahir MAP Minta agar Keharmonisan Antar Umat Beragama terjaga di Batubara.

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Batubara menggelar rapat koordinasi daerah (Rakorda) ke-1. Dalam Rakorda tersebut, Bupati Batubara meminta kepada FKUB untuk menjaga keharmonisan Antar Umat Beragama

Peran dari FKUB sangatlah strategis dalam menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih lagi dalam membentengi bangsa ini dari isu konflik yang digiring kearah agama. Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada tokoh-tokoh dan pemuka agama peserta Rakor ke-1 FKUB agar sigap dan bekerjasama dalam membangun keharmonisan keumatan di Kabupaten Batubara.

Hal tersebut disampaikan Bupati Batubara dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Batubara, Iskandar saat membuka Rakorda ke-1 FKUB, di Aula Kantor Bupati Batubara, Kecamatan Lima Puluh, Kamis (25/7/2019).

Ia mengatakan, Tantangan kita hari ini dan kedepan sebagai sebuah bangsa tidaklah sederhana. Masalah kerukunan umat beragama merupakan tantangan negara kita kedepannya.

Dikatakannya, Secara umum kehidupan umat beragama di Kabupaten Batubara sudah sejak lama dalam suasana yang aman, tentram dan damai. Walaupun di Batubara menganut berbagai agama, namun masyarakatnya dapat hidup berdampingan dan saling tolong menolong. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Batubara memberikan apresiasi yang tinggi atas segala upaya FKUB, Forkopimda dan seluruh masyarakat dan segenap unsur terkait yang ada dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di daerah ini.

“Khususnya kepada tokoh-tokoh agama, saya berharap agar terus menanamkan dan mengimplementasikan pola hidup berdampingan secara damai dan rukun dalam indahnya perbedaan kepada masing-masing umat. Saya yakin dan percaya bahwa masyarakat Kabupaten Batubara masih memegang teguh apa yang disampaikan dan dicontohkan oleh para tokoh-tokoh agama,” imbuhnya.

Sementara Ketua FKUB Batubara, Adnan Haris mengatakan, untuk memperkuat peran FKUB, pihaknya akan mengusulkan agar dibentuk FKUB ditingkat Kecamatan.

“Tahun depan akan kita usulkan FKUB untuk kecamatan. Selain itu, kita juga berharap ada pos anggaran dari dana ADD untuk kegiatan forum kerukunan keagamaan di desa,” pungkasnya dengan serius.

Reporter: Supriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini