Camat Namehalu Esiwa, Gelar Rapat Koordinasi Dengan Masyarakat

58

NIAS UTARA, SUMATERA UTARA | Pemerintahan Kecamatan Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara Propinsi Sumatera Utara, laksanakan rapat koordinasi besama masyarakat yang di laksanakan di aula Kantor Camat Namehalu Esiwa, Senin, (17/06/2019).

Gatimbowo Gea, tokoh masyarakat Kecamatan Namehalu Esiwa
menyampaikan, agar terwujudnya membangun di Kecamatan Namehalu Esiwa, seharusnya kita satukan konsep yang bersifat membangun serta memberikan solusi terbaik untuk meningkatkan pembangunan di Kecamatan kita.

Lanjutnya kami atas nama tokoh berharap agar Kepala Desa se – Kecamatan Namehalu Esiwa pada pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN benar-benar dilaksanakan dengan baik, demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dan harapan kami jangan ada seorang pun Kepala Desa di Kecamatan Namehalu Esiwa menyalahgunakan kewenangannya untuk pengelolaan Dana Desa (DD) Ujarnya. dan jangan ada kepala Desa sampai masuk penjara. Ungkapnya.

Dalifati Ziluwu, S. Pd, M. Pd, anggota DPRD Kab. Nias Utara menyampaikan, dimana pada tahun 2019, ada beberapa akses jalan di wilayah Kecamatan. Namehalu Esiwa yang akan di aspal Hot Mix antara yakni, jalan dari hilinduria menuju Namohalu, jalan dari Kecamatan Lotu, Baho menuju simpang empat Lasara dan jalan dari simpang empat menuju Orahili serta Pembangunan Puskesmas Namohalu Esiwa senilai 8 (delapan miliar) ditambah beberapa pembangunan lainnya yang bersumber dari APBD Kabupaten Nias Utara.

” Dalifati Ziliwu, menghimbau para kepala Desa sekecamatan Namehalu Esiwa, supaya pengelolan Dana Desa (DD) jangan dilokasikan untuk membangun jalan-jalan umum (utama) melainkan diarahkan untuk membangun akses jalan di lingkungan desa itu sendiri, karena jalan umum dibangun oleh Pemda yang anggarannya dari APBD setiap tahun”. Katanya.

Lanjutnya, Dalifati Ziliwu dimana pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tahun 2019, kita harapkan jangan ada Nepotisme dalam pemilihan dimaksud, namun untuk pemilihan BPD di sesuaikan juknis dan Perda yang sudah ditetapkan, tegasnya.

Fanotona Harefa, SE, (camat Namehalu Esiwa) menyampaikan rapat koordinasi
kita selenggarakan pada hari yakni menyepakati berbagai hal terutama dalam menjalankan roda Pemerintahan dan percepatan pembangunan di wilayah Kecamatan Namehalu Esiwa dan mencari solusi untuk mengatasi polemik mulai dari Desa hingga ke Kecamatan terutama dalam pengelolaan DD.

Lanjutnya, dimana di tingkat Desa sekecamatan Namehalu Esiwa baru tiga Desa yang menyelesaikan RKPDes dan satu desa yang sudah menyampaikan di Kantor Camat Namehalu Esiwa, Utara itu kami mengharapkan kepada Kepala Desa yang belum menyelesaikan RKPDes supaya memberikan penjelasan mengapa sampai sekarang belum di siapkan, dan cari solusi bersama. Katanya.

” Kami berharap untuk mengelola keuangan Desa kami menengaskan kepada seluruh kepala Desa Kecamatan Namehalu Esiwa supaya di sesuaikan juknisnya, supaya pengelolaan Dana Desa (DD) di maksud agar bermanfaat bagi masyarakat, dan jangan penyimpangan dalam pengelolaan Dana Desa tersebut, seandainya ada kepala Desa di Kecamatan Namehalu Esiwa yang melakukan penyimpangan siap-siap berurusan dengan pihak penegak hukum” tegasnya.

pada rapat koordinasi tersebut di hadiri okeh, Camat Names, Anggota DPRD Nias Utara asal Names Dalifati Ziliwu, S. Pd, M. Pd, Sekdis PMD Kab. Nias Utara, unsur Forkopimcam, UPTD se-Kec. Names, Sekcam dan seluruh pegawai Kantor Camat Names, PD/PDTI serta PLD se- Kec. Names, Kepala Desa se-Kec. Names, Kepala sekolah SD, SMP dan SMA/SMK se-Kec. Names, Tokoh, TP. PKK Kecamatan. (N. Zega).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini