Cegah Kebakaran, Satgas Bina Karuna Polres Melawi Sampaikan Himbauan Kepada Masyarakat

58

KAB. MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL | Kepolisian Resor Melawi melalui “Operasi Bina Karuna Kapuas 2019” semakin gencar melaksanakan sosialisasi dan penempelan serta penyebaran Maklumat Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Drs. Didi Haryono, S.H., M.H tentang larangan melakukan pembakaran hutan dan lahan kepada warga masyarakat Kalimantan Barat termasuk Kabupaten Melawi. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi, terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) khususnya di Wilayah Hukum Polres Melawi.

Sabtu (03/8/2019) siang, Satgas Preemtif dan Preventif “Operasi Bina Karuna Kapuas 2019” Polres Melawi melaksanakan sosialisasi dan penyebaran Maklumat Kapolda Kalbar serta menghimbau dan mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Melawi.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si melalui Karendal “Operasi Bina Karuna Kapuas 2019” (Kabag Ops) AKP Dedy F. Siregar menyampaikan “Kegiatan sosialisasi seperti ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan. Misalkan membuka lahan pertanian dengan cara melakukan pembakaran hutan, membuang putung rokok sembarangan maupun membuat titik api dekat lahan atau hutan yang mudah terbakar,” jelasnya.

“Kami sambangi para warga Desa untuk meningkatkan komunikasi serta menyampaikan himbauan terkait larangan melakukan pembakaran hutan dan lahan. Pada prinsipnya seluruh masyarakat mendukung kegiatan ini, Dan akan bersama-sama menjaga hutan maupun lahannya agar tidak sampai terjadi kebakaran,” ungkapnya.

“Namun, sebagaian kecil masyarakat belum sadar akan pentingnya menjaga kelestarian hutan. Ini tantangan tersendiri bagi pihak Kepolisian, agar terus secara berkelanjutan dan tidak pernah bosannya memberikan himbauan-himbauan, sosialisasi dan mengajak masyarakat menciptakan kelestarian lingkungan hidup, bercocok tanam tanpa merusak dan mengganggu ekosistem flora dan fauna dihutan kita,” tegas Kabag Ops AKP Dedy Siregar.

Reporter: Didik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini