Cyber Indonesia Nilai, Waspadai Ancaman Radikallisme Pasca Pilpres

57

JAKARTA, FOKUS BERITA NASIONAL | Terkait pertemuan Jokowi – Prabowo 13 Juli 2019 lalu di MRT mengakhiri semua polemik terkait Pilpres 2019. Media sosial menyambut dengan gegap gempita dengan tagar #03PersatuanIndonesia yang menandakan tidak ada lagi polarisasi pendukung #01 dan #02.

Langkah itu juga dinilai tidak semua pihak menyambut rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo ini. Khususnya dari bekas pendukung Prabowo yang kini disebut-sebut oleh Gerindra sebagai ‘Penunggang Gelap’. Pihak yang berbalik menyerang Prabowo dengan sebutan yang terkesan ekstrem dan lain lain.

Menyikapi hal itu, ketua umum cyber Indonesia Habib Muannas Alaidid menyatakan kami dari cyber Indonesia menilai dari yang beredar di media sosial mengenai hal itu diduga ada upaya terstruktur untuk memberi kesan negatif pada rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo.” Ujar Muannas dalam keterangan persnya. Rabu (14/8/19)

Muannas menambahkan bahwa dari Monitoring terhadap Media Sosial pada tempo 13 Juli sampai 5 Agustus 2019, Rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo justru mendapatkan kesan negatif (34 %) lebih tinggi dari kesan positif (28 %), artinya kesan negatif lebih tinggi 6 % dari kesan positif, sementara sisanya 37 % netral.

Dari pengamatan Cyber Indonesia lanjut Muannas adanya upaya sistematis menggerakkan Cyber Army, akun-akun besar baik di Twitter, Facebook, Instagram dan Youtube untuk mencemari upaya rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo dengan citra negatif.

Cyber Indonesia adalah perkumpulan yang didirikan oleh kumpulan Advokat, Aktivis, Ahli IT, Influencers, Bloggers pada tahun 2017 yang memiliki perhatian pada ‘Dunia Siber’ (The Cyber World) khususnya terkait penyebaran kebencian, hoax, fitnah, isu SARA, kejahatan siber. Untuk menanggulangi permasalahan di dunia siber ini, Cyber Indonesia melakukan kerja dan program non-profit dalam bentuk Edukasi, Advokasi dan Monitoring terhadap dunia Cyber.

Reporter: Jhon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini