08/11/2022
Post Visitors:22

KALBAR,MELAWI – FBN | Operasi Patuh Kapuas 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya tahun ini tak hanya menertibkan para pelanggar, tapi juga protokol kesehatan.

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya Operasi Patuh Kapuas 2020 bakal digelar di tengah pandemi Covid-19. Pemeriksaan kendaraan bermotor ini tepatnya akan berlangsung selama 14 hari, dari 23 Juli sampai 5 Agustus 2020.

Kapolres Melawi melalui Kasat Lantas Polres Melawi Iptu Suwaris Mengatakan , operasi ini akan dilaksanakan serentak Se-Indonesia bukan hanya dipolres Melawi saja

“Kami akan memberi teguran secara tematik, kalau di Melawi mungkin soal pelanggaran rambu atau melawan arus yang ditekankan,” ucap Suwaris, kepada Fokus Berita Nasional.Net,”Selasa(21/07/20).

“Dan ini akan dikolaborasikan dengan imbauan protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Penertiban protokol kesehatan yang dilakukan polisi bukan tanpa alasan. Sebab sejak masa adaptasi kebiasaan baru, sebagian masyarakat mulai menjalankan kembali aktivitasnya seperti sedia kala. Kondisi ini membuat lalu lintas kembali dipadati kendaraan umum dan pribadi.

Suwaris menambahkan, hal inilah yang menjadi fokus pihaknya. Pendekatan tindakan hukum secara persuasif dan humanis tetap dipertahankan untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

“Untuk mendisiplinkan masyarakat, penindakan lewat tilang tetap ada tapi presentasenya kecil, hanya 20 persen saja. Sisanya akan lebih banyak dititik beratkan ke edukasi, memberikan pendidikan dan penerangan ke masyarakat,” ujar Suwaris

“Kemudian sebanyak 40 persen secara preventif dengan memberikan informasi dan imbauan lewat berbagai media, dan 40 persen lainnya dengan menjaga dan mengatur lalu lintas,”Pungkasnya.

(Didik)

%d blogger menyukai ini: