08/17/2022
Post Visitors:29
Foto Ys Marjitan Kades Beloyang saat Penanda tanganan RKPDes dan APBDes Beloyang Tahun anggaran 2021

FBN – MELAWI,KALBAR || Pemerintah Desa Beloyang, Kecamatan Belimbing Hulu Kabupaten Melawi gelar rapat penetapan rencana kerja pemerintah desa (RKP Des) dan anggaran pendapatan dan belanja desa(APBDes) Beloyang tahun anggaran 2021 dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan Covid-19.

Acara rapat penetapan RKPDes dan APBDes tahun anggaran 2021 tersebut digelar di balai kantor desa Beloyang dan dihadiri oleh pendamping desa kecamatan, Rt, BPD, Dusun, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda,Tokoh pendidik,kader kesehatan,PKK,karang Taruna, pengurus Desa Siaga serta Bumdes Beloyang,” Kamis (24/12/2020 ) kemarin.

Berkaitan dengan Kegiatan Penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) Beloyang tahun anggaran 2021, Pemerintah Desa Beloyang bersama BPD dan seluruh perangkat desa sudah melewati beberapa tahapan diantaranya :

Penyusunan perencanaan Pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa, Pembentukan tim penyusun RKP Desa, Pencermatan pagu indikatif Desa dan penyelarasan program/kegiatan masuk ke Desa, Pencermatan ulang dokumen RPJM Desa, Penyusunan rancangan RKP Desa, Penyusunan RKP Desa melalui musyawarah perencanaan pembangunan Desa dan Penetapan RKP Desa.

Bahasan Rancangan RKPDes Tahun 2021 Bahasan Rancangan Daftar Usulan RKPDes tahun 2021 dan Menetapkan Rancangan RKPDes dan APBDes Tahun Anggaran 2021
Setalah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta Masyarakat peserta rapat menyepakati beberapa hal yang selanjutnya ditetapkan sebagai hasil keputusan musyawarah desa yaitu :

Menyepakati Rancangan RKPDes dan APBDes Beloyang Tahun Anggaran 2021, untuk ditetapkan menjadi RKPDes tahun 2021 dan dituangkan dalam Perdes RKPDes tahun 2021 yang dilampiri dengan penanda tanganan Berita Acara serta BPD menyepakati RKPDes tahun 2021.

Dengan ditetapkan RKPDes dan APBDes Beloyang tahun anggaran 2021 Ys.Marjitan kepala desa Beloyang meminta kepada setiap Rt, Dusun dan masyarakat untuk bersiap diri untuk pembangunan didesa Beloyang Tahun 2021 yang akan datang.

Foto saat rapat desa dalam penetapan RKPDes dan APBDes Beloyang tahun 2021

“ Dilihat masyarakat masih berpusat ke infrastruktur seperti Jembatan, Jalan dan Rabat Beton semuanya lebih mengarah kesana dan mengacu pada program Desa dan Program masyarakat,” ucap Marjitan.

Lanjut Marjitan “ Terkait program sarana Inovasi Desa Beloyang akan terfokuskan pada yang menjadi skala prioritas yang kedepannya akan dikelola dengan baik guna untuk pendapatan PAD Desa Beloyang,” terang Marjitan.

Kepala desa Beloyang Ys.Marjintan juga menyampaikan terima kasih kepada anggota BPD, LPM, dan peserta rapat serta semua warga Desa Beloyang yang telah sama-sama ikut serta mendukung program pembangunan di Desa Beloyang, semoga kedepannya apa yang menjadi harapan dapat terlaksana dengan baik.

Sesuai Permendes Nomor 13 Tahun 2020 tentang pengunaan dana desa yang bertujuan mengentaskan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, ekonomi desa tumbuh merata, Desa peduli kesehatan,Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan yang mana Desa Beloyang saat sudah berstatus Desa mandiri.Tutup Ys.Marjitan

(Dk/Dm)

%d blogger menyukai ini: