01/30/2023
Beranda » Desa Bengahon minta Pemdes dan Pemkab Barut Membuka Transportasi Darat Agar Mereka Mudah Terhubung Ke Kecamatan Lain

FBN – BARITO UTARA ||Kesadaran penggunaan Dana Desa yang tepat guna untuk pembangunan Desa mulai terlihat mengeliat di Kabupaten Barito Utara, salah satunya adalah Desa Bengahon Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara (Barut) yang semakin hari kian berbenah.

Dalam rangka kunjungan pembinaan desa di Desa Bengahon minggu lalu, Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Barito Utara Eveready Noor mengatakan banyak keberhasilan pembangunan di desa ini seperti fasilitas olahraga, jalan desa yang sudah di semen, ketersediaan air bersih, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan dan ketersediaan kapal motor emergency untuk pelayanan pengantaran warga setempat sakit ke ibu kota kecamatan.

“Keberhasilan pembangunan di desa adalah hasil dari masyarakat desa itu sendiri yang berkeinginan desanya untuk lebih maju dan hasil pembangunan yang sudah tersedia tersebut agar benar-benar digunakan sesuai peruntukannya dan sama-sama untuk memeliharanya,” katanya.
Dalam kunjungan pembinaan di Desa Bengahon itu Eveready Noor didampingi Petugas Pendampingan Desa (P2MD) Yusmin, mereka melakukan pertemuan langsung dengan Kepala Desa, Ketua BPD serta masyarakat desa setempat.
Kepala Desa Bengahon Everiyadi menyampaikan permohonan untuk dapat diperhatikan bersama baik pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten tentang keterbukaan sarana transportasi darat maupun air.

Selama ini kata Kades Bengahon masyarakat masih ketergantungan dengan sarana transportasi air atau sungai, dan sangat mengharapkan adanya jalan darat baru yang dapat menghubungkan kesemua Desa dan kota Kecamatan.
Kecamatan Lahei terdiri dari 2 kelurahan dan 11 desa, sebagian besar desa-desa di kecamatan tersebut berada di aliran Sungai Lahei.

“Kalau air surut atau kemarau, maka transportasi air sangat sulit karena sebagian di sungai ada riam bebatuan yang cukup berbahaya, ada sebagian jalan darat cuma dapat dilalui sepeda motor atau roda dua saja,” terangnya.

Pewarta : Leny

You cannot copy content of this page

%d blogger menyukai ini: