Desa Kasomalang Wetan Melaksanakan Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa dan Lembaga Desa

61

KAB. SUBANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Dalam sebuah desa dibutuhkan pemerintahan untuk menata dan mengurus setiap hal yang berkaitan dengan desa. Struktur Pemerintahan Desa terdiri dari beberapa tingkatan yang setiap tingkatannya memiliki porsinya sendiri. Pemerintah desa ditugaskan oleh pemerintah pusat untuk mengatur masyarakat pedesaan setempat berdasarkan dengan undang-undang yang ada demi mewujudkan pembangunan pemerintah diwilayah desa, Kamis (25-07-2019).

Setiap desa dikepalai oleh seorang Kepala Desa yang dibantu oleh jajaran perangkat Desa lainnya dalam mengurus setiap keperluan Desa. Setiap jajaran memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Dengan pembagian tugas diharapkan setiap jajaran bisa memaksimalkan kinerjanya.

Guna memberikan pelayanan yang terbaik dan segibanding. Desa Kasomalang Wetan Kec.Kasomalang Kab.Subang Jawa Barat, yang dipimpin sosok srikandi (Nunung Nuraeni) Menggelar pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa dan Lembaga Desa.

Acara tersebut digelar langsung di Aula Kantor Balai Desa Kasomalang Wetan, terpantau acara pelatihan disaksikan langsung oleh Dispemdes Subang, Camat Kasomalang beserta jajarannya, dan Kapolsek Jalancagak didampingi Binmaspol Desa Kasomalang.

Saat ditemui awak media Sekertaris Desa (Sekdes) Kasomalang Wetan (Zainal Mupti) memaparkan,” kita mengacu ke peraturan tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa contoh salah satunya seperti pengangkatan dan pemberhentian Rt atau Rw, inti dari pelaksanaan ini agar pelayanan untuk masyarakat lebih maksimal dan memberikan yang terbaik untuk warga Desa Kasomalang Wetan,” Ucapnya.

“Selain itu ada delapan (8) Ketua Lembaga yang baru menjabat dan langsung diberikan pelatihan salah satunya Ketua LPMD (Tatang Suherman), kemudian Ketua BPD (Aripin SAG), Ketua TPPKK (Sumiati K, SE), Ketua Pos KB Desa (Ade Hasmanah), Ketua Bidan Desa (Euis Rohaeni, S,ST), Ketua PLKB (Rani Suryani, SIP), Ketua Bumdes (Fitri Diliyani) dan yang terakhir Ketua Karang Taruna (Dede Davi. J),” paparnya.

ditempat yang sama Nunu Nuraeni selaku Kepala Desa Kasomalang Wetan menambahkan pihaknya berharap besar dengan diadakannya pelatihan aparatur pemerintahan desa dan lembaga desa bisa memberikan yang terbaik untuk warganya.

“Harapan saya dengan adanya pelatihan ini para Ketua yang menjabat di masing-masing lembaganya bisa memberikan yang terbaik untuk warga Kasomalang Wetan, dan bisa membantu kinerja pemerintahan desa,” pungkas Nunung.

“Selain itu saya berharap kepada seluruh warga Kasomalang Wetan bisa bekerja sama saat adanya perbaikan atau pembenahan jalan dan inspratuktur yang sedang dijalankan oleh pemerintahan desa, bukan hanya itu saya siap ditegur jika ada kesalahan dari saya pribadi atau para staf desa,” lanjut Nunung.

“Saya beserta para staf desa akan selalu berusaha untuk melaksanakan apa yang seharusnya saya lakukan, inti dari pelaksanaan ini saya selaku Kepala Desa berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga Kasomalang Wetan,” tutup Nunung.

Reporter : Bachrie