01/30/2023
Beranda » Desa Pendreh Nikmati Sumber Daya Alam Air Pegunungan dari Hutan Lindung Pararawen

FBN – BARITO UTARA || Hutan Lindung Pararawen dengan sumber daya alamnya sangat berdaya guna untuk masyarakat Desa Pendreh. Sumber mata air yang berasal dari pegunungan di hutan lindung ini berjarak kurang lebih 3 (tiga) kilometer menggunakan gravitasi alam sampai kedesa.

Kepala Desa Pendreh Sugian mengatakan dengan adanya sumber air dari pegunungan Pararawen inl kebutuhan air masyarakat desa sudah terpenuhi, layak untuk di konsumsi, mandi, cuci dan keperluan lainnya.

“Air dari pegunungan Pararawen ini mengalir sampai ke rumah-rumah penduduk, di bantu pembiyaan pemasangan dan peratan dari dana desa,” kata Kades Pendreh, Sugian.

Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Barito Utara Eveready Noor dalam kunjungan langsung pembinaan ke Desa Pendreh, mengatakan ada beberapa desa ketersedian airnya berasal dari mata air pegunungan seperti Desa Pendreh, Dusun Pararawen, Desa Luwe Hulu, Desa Ketapang dan desa lainnya.

Selain itu kata dia banyak juga desa Desa yang ketersedian airnya di embung-embung berbetuk kolam, ada desa yang mengambil dari sumur bor di buat bak penampungan lalu didistribusikan ke rumah rumah penduduk.

“Ada juga desa yang memdendung anak sungai, jadi masyarakat desa sudah melakukan terobosan yang baik untuk mendapatkan air bersih yang layak digunakan maupun layak untuk di konsumsi,” kata Eveready Noor.

Eveready juga mengharapkan kepada masyarakat pedesaan agar bijak dalam penggunaan air bersih yang sudah dibangun bersama, serta bersama sama memelihara jaringan air yang sudah tersedia itu.

Pewarta : Leny

You cannot copy content of this page

%d blogger menyukai ini: