Desa Tercemar Tumpahan Minyak, Bupati Karawang, “Layak Siaga Bencana”

54

KAB. KARAWANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menilai insiden minyak tumpah di perairan Kabupaten Karawang termasuk kategori bencana. Bupati mempertimbangkan untuk menetapkan status siaga bencana di sejumlah pesisir yang terdampak.

“Belum menetapkan status siaga. Tapi memang layak masuk kategori siaga bencana. Apalagi ada 7 desa di Karawang yang terdampak,bocoran limbah pertamina, Cellica juga khawatir tumpahan minyak mentah tersebut akan berdampak pada kesehatan masyarakat sekitar pantai serta ekosistem laut. agar pihak Pertamina bisa memperhatikan hal ini (terkait kesehatan masyarakat dan ekosistem laut),” ucap dia menjelaskan.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana bakal memanggil pihak Pertamina untuk meminta keterangan ihwal insiden tersebut. “Itu benar (kebocoran). Kemungkinan akan saya panggil yang bersangkutan Kamis besok” kata Cellica usai meninjau Pantai Pisangan yang terdampak tumpahan minyak Pertamina, Rabu (24/7/2019).

Sementara Kabid Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Ruchimat mengatakan, wilayah terdampak bocoran limbah dari pengeboran Pertamina yaitu Desa Pakis Kecamatan Pakisjaya, Desa Sedari Kecamatan Cibuaya, Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya, Desa Tampaksari Kecamatan Tirtajaya, Desa Tambaksumur Kecamatan Tirtajaya, Desa Sungaibuntu Kecamatan Pedes dan Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar,
Saat ini, Pihak Pertamina dan masyarakat sedang berjibaku membersihkan pantai dari minyak mentah. tumpukan karung bersi minyak yang dicampur pasir berserakan di pantai dan kantor desa.

Meski begitu, minyak masih kerap datang saat malam hari. Minyak itu terbawa ombak dan kembali mengotori pantai saat pagi hari. “Hal itu berdasarkan hasil monitoring wilayah terdampak bocoran limbah pengeboran minyak Pertamina yang dilakukan tim kami,” kata Ruchimat.
Lebih lanjut Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah Putra menuturkan minyak-minyak tersebut diduga berasal dari insiden kebocoran pipa di perairan utara Karawang. “Lokasi kebocoran di titik koordinat S 6 09 35” E 107 60’28, “Pertamina agar terus memantau perkembangannya dan melakukan tindakan penyelamatan lingkungan sesuai dengan kondisi di lapangan,” kata Nuredy.

Reporter: A.Rachmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini