Diduga Aset Negara Dijual Belikan Oknum Kepsek SDN Kertamulya II Kec Pedes, Kepsek di Polisikan Lembaga KPK

59

KAB. KARAWANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Dugaan penjualan aset Negara/Daerah berupa material bangunan Atap Genteng, kayu – kayu bekas berkualitas eks bangunan gedung SDN Kertamulya II Kecamatan Pedes Kab. Karawang, habis terjual semua, “diduga dijual belikan tanpa prosudur yang benar”, yang dilakukan oleh oknum Kepsek SDN tersebut.

Media FBN berhasil menemukan mobil col desel Nopol : T. 8780. N sedang muat matrial atap genteng, Setelah kami pertanyakan bukti dan keabsahan surat angkutan dari Dinas Pengadaan dan pengeloaan asset Pemkab Karawang, sopir tidak bisa menunjukan, menurutnya saya hanya kuli angkutan untuk dibawa ke Rawamerta pungkasnya sopir (14/9/19 ) jam 17.00 Wib.

Sementara” Pestamin Sinaga Ketua Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi ( LKPK ) Kab. Karawang, Prosedur pelepasan aset, milik Negara/ Daerah, sudah jelas diatur dalam peraturan perundang-undangan, PP No. 6 tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/ Daerah, yang telah diubah PP No.38 tahun 2008 serta PPRI Nomor, 27 tahun 2014 tentang Pengelolaan barang Milik Negara/Daerah,

Dalam proses pelaksanaan pembongkaran bangunan gedung lama dan dilakukan oleh Tim Pelaksana / Kepala Sekolah dikarenakan terdapat nilai khusus pada bongkaran bangunan gedung sekolah adalah asset Negara/ daerah Penilaian material bangunan yang akan dibongkar biasa dilakukan terhadap Barang Milik Negara/ Daerah, lazimnya penilaian bongkaran ini untuk tujuan penghapusan asset negara/ Daerah, Penilaian material pada bangunan terdapat tim ahli dari pemerintah hitungan yang akan dibongkar adalah penilaian untuk menentukan harga pasar material-material bangunan yang masih layak pake dapat digunakan/dijual sebagai sisa dari pembongkaran suatu bangunan.

Diduga Kepala Sekolah SDN Kertamulya II telah merugikan negara sekaligus telah mengurangi pendapatan anggaran, yang seharusnya masuk Kasda. “sinaga lebih lanjut” Pasal 99 yang berbunyi dalam huruf (a) Setiap orang yang merugikan aset Negara/Daerah Dan/ Atau akibat penyalahgunan dan atau pelanggaran hukum atas pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah diselesaikan melalui tuntutan ganti rugi Sesuai ketentuan perundang-undangan, Dalam huruf (b) Setiap pihak yang mengakibatkan kerugian Negara/Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dikenakan sanksi administrative dan / atau sanksi pidana Selain itu dari aspek keperdataan, imbuh dia, aset berstatus BMN/ Daerah bisa digugat dan batal demi hukum bila seluruh prosedur tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Pasalnya, Barang siapa telah mengambil barang yang merupakan asset Negara/daerah. yang melakukan perbuatan melawan hukum dalam artian mengambil, menjarah, memindahkan barang milik negara menjadi milik pribadi, maka perbuatan tersebut adalah tindak pidana pencurian barang milikNegara/daerah,“
Tertuang dalam UU No.71 tahun 2000 tentang peranserta masyarakat dalam mewujudkan penyelenggara pemerintah yang baik dan bebas KKN. serta UU No.20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No.31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,
Keputusan Mentri Pedayaguna Aparatur Negara Nomor : KEP/118/M.PAN/8/2004 tentang pedoman umum penanganan pengaduan masyarakat, Bahwa pengaduan masyarakat merupakan salah satu bentuk partisipasi pengawasan masyarakat yang aktif dalam rangka ikut serta mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bebas KKN.

Atas landasan hukum dan mengacu pada aturan perundang-undangan di atas menjunjung tinggi dan menghormati azas praduga tak bersalah, serta berdasarkan upaya pencairan data dan pengumpulan informasi serta temuan lainnya untuk mengetahui kebenaran atau bahkan kesalahan dan fakta sesuai dengan hak dan fungsi Pers yang telah disebutkan di atas.

Dalam hal ini Kasat Reskrim Polres Karawang Agar segera melakukan langkah-langkah penyelidikan hukum terkait dengan adanya dugaan “Oknum Kepsek SDN Kertamulya II Kecamatan Pedes, Agar melakukan penyelidikan sesuai dengan kewenangannya, Agar menerapkan Hukum sesuai dengan ketentuan dan perataturan perundang-undangan dengan tetap konsisten Terhadap setiap orang yang diduga melakukan Tindak Pidana, Segera Memanggil dan memeriksa Oknum Kepsek SDN Kertamulya II.
Beserta bagi para oknum yang terlibat didalamnya yang telah dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum, Dengan tetap mengacu pada “azas praduga tak bersalah” kami berharap agar pihak-pihak yang ber kompeten yang
Dalam hal ini Kasat Reskrim Polres Karawang agar segera melakukan tindakan Hukum sesuai dengan kewenangannya, Dan selanjutnya kami akan menyimpan berkas, gambar, rekaman dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan suara gambar maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunanakan media cetak media Online media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.
Disisi lain, hal yang mendapatkan informasi atau salinan data ini kami anggap masih dalam koridor tupoksi dalam melakukan pengamatan dan pemantauan serta fungsi PERS selaku control social masyarakat, pungkasnya Sinaga.

Reporter: A. Rachmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini