Diduga Palsukan Surat Keterangan Pengganti Ijasah STTB, Kajari Karawang Diminta Periksa 3 Oknum PNS Korwilcambidik Kec.Tegalwaru

64

KAB. KARAWANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Penelusuran Fokus Berita Nasional dengan terbitnya” Surat Keterangan Pengganti Ijasah/ STTB” atas nama EMUH bin EMAN Kepala Desa Cintalanggeng Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang yang diterbitkan Oleh Oknum Kepala Sekolah SDN Cintalanggeng 1 (DADANG. S.Pd.SD ) pada tanggal 30 Juli 2018 diduga Palsu.

Kepsek Dadang. S.Pd.SD selaku Panitia Pilkades Desa Cintalanggeng Pada tahun 2018, diduga Untuk meloloskan Calon Kepala Desa Cintalanggeng EMUH bin EMAN dengan cara menyulap nomor seri ijasah atas nama DIDING bin SAJA disulap menjadi nomor seri iajasah EMUH bin EMAN, Untuk memperluas informasi dan investigasi dilapangan FBN (1/8/19 ) mencoba menyambangi Sumber yang dapat dipercaya, AS ( Tokoh Masyarakat ) di alamat Kp. Cikelak Rt/Rw.008/ 003 Desa Cintalanggeng Untuk diminta keterangannya terkait adanya informasi dari Tim FBN.

Bahwa Kepala Desa Cintalanggeng Incumben Mencalonkan Kembali Kepala Desa Cintalanggeng, diduga persyaratan Ijasah Dasarnya Menggunakan “Surat Keterangan Pengganti Ijasah/STTB” ( diduga palsu ) AS. Membenarkan atas Informasi tersebut, Terbongkarnya kasus Pemalsuan Surat Keterangan Pengganti Ijasa/ STTB tersebut, pada bulan Agustus 2018 sekitar jam 11.00 Wib. Waktu itu EMUH bin EMAN sedang memberikan berkas persyaratan bakal calon Kades Cintalanggeng kepada panitia 11 Terlihat Surat Keterangan Pengganti Ijasah /STTB SDN Cintalanggeng 1 Nomor Induk 1304 dan Nomor seri Ijasah :286680 tersebut diduga nomor seri Ijasah atas nama DIDING bin SAJI, hanya yang tidak sama hanya nomor Induk saja, ucapnya.

Dilain waktu saya bersama DIDING bin SAJA melihat nomor seri Ijasah ternyata benar nomor Induk 1170 dengan nomor seri Ijasah:286680 adalah Ijasah milik DIDING bin SAJA hanya yang berbeda hanya nomor Induknya saja, dengan nomor Induk 1304, (1/8/19 ) Kami ingin tau kebenarannya, pasa 15 November 2018 saya bersama DIDING menyambangi Kantor UPTD Koorwil Tegalwaru, kedatangan kami ke Kantor UPTD Koorwil Telagalwaru di sambut baik oleh Kepala UPTD “ H. ASEP SUPRAYOGI.S.Pd. MM” saat kami pertanyakan Nomor Induk 1170 dan Nomor seri Ijasah 286680 atas nama siapa kata diding kepada Korwilcambidik (15/11/18 )

Sementara” H. Asep Suprayoga.S.Pd.MM “ Korwilcambidik Tegalwaru. Menurutnya hasil dari Buku Induk Siswa SDN Cintalanggeng 2 Kecamatan Pangkalan yang sekarang menjadi SDN Cintalanggeng 1Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, Menerangkan dengan sebenarnya bahwa pemilik nomor Ijasah dengan nomor seri 2866880 adalah nama DIDING bin SAJI lahir pada tanggal 05 Januari tahun 1969 Lulusan Sekolah pada tanggal 23 Mei 1984” pungkasnya kepada Tim FBN ( 1/8/19 ).

Dikantor Korwilcambidik, kata Diding menuturkan keterangan H. Asep Korwilcambidik, diperkuat dengan Surat Pernyataan dengan Nomor : 421.2/554/KORWIL/ 2018 tertanggal 15 November 2018, ungkapnya diding kepada Tim FBN Setelah kami mengantongi berkas pendaptaran calon Kades EMUH tahun 2013 dan tahun 2018, juga diperkuat hasil keterangan saksi dari Sementara” Akim Abdul Hakim”Siswa SDN Cintalanggeng 1, saya bersama EMUH 1 kelas sekolahnya hanya sampai kelas 3 EMUH keluar tidak sampai kelas VI ( tidak lulus ) dan saya siap mejadi saksi kalau memang dibutuhkan, AS menuturkan keterangan Akim ungkapnya ( 1/8/19 ).

Dilain tempat AS Setelah mengantongi semua berkas persyaratan yang digunakan EMUH Bin EMAN, kemudian saya pelajari berkas dari awal untuk peryaratan EMUH bin EMAN agar bisa mengikuti Program Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Ijasah Dasar menggunakan “ SURAT KETERANGAN” dari Kepala Sekolah SDN Cintalanggeng 1 “ ( MARYATI. SP.d ) Nomor 421.2/103/SD/2018 tertanggal 12 Sevtember 2012.

Kepala Sekolah Menerangkan dengan sebenarnya, bahwa atas nama EMUH bin EMAN tanggal lahir 16 Januari 1970, bahwa nama tersebut pernah sekolah di SD Negri Cintalanggeng 1 Kecamatan Tegalwaru dari Kelas 1 sampai dengan kelas VI telah lulus serta mendapatkan Ijasah dengan nomor 286680 pada tahun 1984.

Diduga Kepala Sekolah SDN Cintalanggeng 1 kerjasama dengan UPTD Tegalwaru ( Mahmud Iskandar ) Selaku Panitia Program Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Dengan Dasar Surat Keterangan, EMUH bin EMIN bisa lolos mengikuti Program Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) sehingga memiliki Ijasa Pake B, yang diterbitkan pada tanggal 7 Agustus 2009 oleh Kepala Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Karawang.

Setelah mengantongi barang bukti (1 ) Surat Pernyataan dari Pemilik Ijasah nomor seri286680 DIDING ( Surat Pernyataan dari Korwilcambidik Tegalwaru, dll yang berkaitan dengan persyaratan Calon Kepala Desa Cintalanggeng EMUH bin Eman. Pada tanggal 26 November 2018 kasus ini kami Laporkan ke Polres Karawang dengan Nomor :STTL/2435/XI/2018/JABAR/RES KRW.

Samapai saat ini sudah berjalan 8 bulan pihak Kepolisian baru menyampaikan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan ( SP2HP ) kepara pelapor pungkasnya ( 1/8/19 ) Sementara Syarif. SH Pengacara kepada Media Fokus Berita Nasional, menurutnya Kasus dugaan Pemalsuan Surat Kelulusan/ STTB untuk digunakan persyaratan Calon Kepala Desa ini, diduga kuat yang dilakukan oleh 3 orang Oknum PNS lingkungan Korwilcambidik Tegalwaru.

Setealah kami menerima berkas yang berkaitan dari awal persyaratan Bakal Calon menjadi Calon Sehingga Terpilih 2 Priode, Diduga Kuat Menggunakan Pemalsuan Surat Keterangan Kelulusan/STTB, EMUH bin EMAN terpilih menjadi Kepala Desa Cintalanggeng Priode 2013 – 2018 Persyaratan awal Buku Induk Nomor 1128 mulai masuk tanggal 02 Januari tahun 1977 SDN Cintalanggeng III sampai kelas 2 pada tanggal 28 Pebruari tahun 1979 EMUH bin EMAN pindah ke SDN Cintalanggeng 1, Dengan Nomor Induk 1304 mulai masuk di SDN Cintalanggeng 1 pada tanggal 19 – 9 – 1980 keluar pada tanggal 30 – 6 – 1984, mendapat Ijasah Nomor 286680. Pada tanggal 04 Sevtember 2012 buku Induk di legalisir Oleh Kepsek SDN Cintalanggeng 1 ( MARYATI. S.P.d ) “kata Syarif”

1. Yang jadi pertanyaan Public Kepala Sekolah SDN Cintalanggeng 1, Apakah bisa Siswa 1 Sekolah nomor seri Ijasah yang sama dan keterangan Kepala Sekolah bahwa Siswa atas nama EMUH bin EMAN pindahan dari asal sekolah SDN Cintalanggeng III mulai masuk di SDN Cintalanggeng(1) pada tanggal 19 Sevtember 1980 hingga lulus serta mendapatkan Ijasah dengan nomor seri 286680.

2. Jelang 3 hari Pada tanggal 04 September 2012 Terbit” Surat Keterangan Kelulusan “ yang di Terbitkan Oleh Kepala Sekolah SDN Cintalanggeng 1 ( MARYATI.S.P.d ) Menerangkan dengan sebenarnya bahwa EMUH bin EMAN pernah sekolah di SDN Cintalanggeng 1 dari Kelas 1 sampai Kelas VI telah lulus serta mendapatkan Ijasah dengan nomor seri 286680 di terbitkan pada tahun 1984.

Syarif lebih lanjut, Pada tahun 2018 EMUH bin EMAN terpilih kembali Peiode 2019 2024. “Berkas Persyarata Administrasi Bakal Calon Kepala Desa Melalui Pelayanan Satu Atap” Kepala Sekolah SDN Cintalanggeng 1 merangkap PANITI PILKADES jadi ada kesempatan dalam kesempitan.

Pasalnya Lolos dan tidak Lolosnya Balon Kepala Desa menjadi Calon Kepala Desa Tergantung Kepala Sekolah dengan Panitia Pilkades, Pasalnya ( DADANG. S.Pd.SD ) selain Kepala Sekolah ikut serta menjadi PANITIA PILKADES, Berani Menerbitkan “ Surat Keterangan Penggantia Ijasah/ STTB dengan cara apapun untuk meloloskan EMUH bin EMAN menjadi Calon Kepala Desa Cintalanggeng, Mungkin Kepsek H. Dadang sudah siap untuk melawan Hukum Mungkin Kepsek H. Dadang Kebal Hukum, Kata Syarif.

Pemalsuan Suarat, sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 KUHP Bila surat itu dipalsukan, yang membuat, menurut Pasal 263 Ayat (1) KUHPidana, diancam dengan pidana penjara paling lama 6 tahun, Adapun berdasarkan Pasal 263 Ayat (2) KUHPidana, pemakai diancam dengan pidana yang sama, penjara, 6 tahun.

Atas Dasar temuan Tim FBN dan Semua Berkas yang berkaitan dengan Kades Terpilih EMUH bin EMAN sudah kami kantongi Untuk di serahkan Ke Kasi Pidsus Kajari Karawang, Dalam Hal ini Kasi Pidsus Kajari Karawang Segera Menindak lanjut Kasus ini, yang telah dilaporkan Ke Kasat Reskrim Pidum Polres Karawang Pada tanggal 26 November 2018 dengan Nomor : STTL/2435/XI/2018/JABAR/RES KRW.

Samapai saat ini sudah berjalan 8 bulan pihak Kepolisian baru menyampaikan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan ( SP2HP ) kepara pelapor.

1 .Kepada Kasi Pidsus Kajari Karawang Agar segera melakukan langkah-langkah penyelidikan hukum terkait dengan adanya dugaa Pemalsuan Surat Keterangan Penggantia Ijasah/STTB atas nama EMUH bin EMAN Kepala Desa Cinta Langgeng Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, Diduga yang melakukannya oleh 3 Oknum PNS, agar tanpa tebang pilih bagi para oknum yang terlibat yang telah dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum.

2. Membentuk tim pencari fakta untuk melakukan penyelidikan sesuai dengan kewenangannya, untuk menerapkan Hukum sesuai dengan ketentuan dan perataturan perundang-undangan dengan tetap konsisten Terhadap setiap orang yang diduga melakukan Tindak Pidana.

3. Segera Memanggil dan memeriksa 3. Oknum PNS (1. Kepsek SDN Cintalanggeng 1 ( Maryati. SP.d ) ( 2. Mahmud Iskandar ) dan H. DADANG. S.Pd.SD ) yang sekarang dinas Kepsek SDN Warga Setra II Dengan tetap mengacu pada “azas praduga tak bersalah”.

Kami berharap agar pihak-pihak yang ber kompeten yang dalam hal ini Kasi Pidsus Kajari Karawang, agar segera melakukan tindakan Hukum sesuai dengan kewenangannya.

Dan selanjutnya kami akan menyimpan berkas, gambar, rekaman dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan suara gambar maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunanakan media cetak media Online media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.

Disisi lain, hal yang mendapatkan informasi atau salinan data ini kami anggap masih dalam koridor tupoksi dalam melakukan pengamatan dan pemantauan serta fungsi PERS selaku control social masyarakat.

Reporter: A. Rachmat. S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini