Diduga Tidak Miliki Izin Berlayar, Petugas Syahbandar Amankan Ponton Bermuatan CPO Milik PT. CM

55

MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Sabtu malam sekitar jam 00.30 wib dinihari, Petugas ASDP Syahbandar melakukan pengejaran terhadap sebuah ponton bermuatan CPO tanpa dilengkapi dokumen pelayaran. Ponton tersebut diketahui membawa kurang lebih 600 ton CPO milik perusahaan PT.Citra Mahkota.

Saat di konfirmasi awak media diruang kerjanya, Petugas Syahbandar Dinas Perhubungan Kabupaten Melawi, Bujang Thalib membenarkan adanya penahanan dikarenakan ponton tersebut tidak dilengkapi dokumen izin berlayar, sesuai Undang Undang Republik Indonesia nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran Pasal 219. Ketentuan Setiap kapal yang berlayar wajib memiliki Surat Persetujuan Berlayar yang dikeluarkan oleh Syahbandar dan ponton yang bermuatan CPO milik PT. CM tersebut sudah berulang kali tidak mempunyai surat persetujuan belayar dan mengindahkan peringatan dari petugas Syahbandar, jelasnya.

Serta Surat Persetujuan Berlayar tidak berlaku apabila kapal, dalam waktu 24 (dua puluh empat) jam, setelah persetujuan berlayar diberikan, kapal tidak bertolak dari pelabuhan dan Surat Persetujuan Berlayar.

“Sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak diberikan pada kapal atau dicabut apabila ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 44, Pasal 117 ayat (2), Pasal 125 ayat (2), Pasal 130 ayat (1), Pasal 134 ayat (1), Pasal 135,Pasal 149 ayat (2), Pasal 169 ayat (1), Pasal 213 ayat (2), atau Pasal 215 pasal yang dilanggar,

Sampai berita ini diturunkan belum ada konfirmasi atau keterangan dari pihak perusahaan yang bersangkutan kepada pihak petugas Syahbandar, Dinas Perhubungan Kabupaten Melawi.

(didik purnomo,sh kabiro melawi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini