08/19/2022
Post Visitors:57

MAKASSAR – FBN| Direktur Mitigasi Bencana BNPB Johny Sumbung bersama Kepala lapas kelas 1 Makassar Robianto dan Io gugas percepatan penanganan covid-19, M. Yunus, serta Arief Mansyur dari Mabes TNI melakukan peninjauan dilokasi lapas kelas 1 Makasar, dimulai dari lokasi pusat kemandirian warga binaan dimana sebagian warga sedang dilatih untuk menjahit dan peninjauan juga dilakukan ke lokasi kamar warga binaan untuk melihat kebersihan kamar warga binaan.

Dan saat kunjungan terlihat sedang ada proses pembagian makan siang dimana protokol kesehatan belum diterapkan banyak warga binaan juga tidak menggunakan masker dan tidak jaga jarak.

Sementara itu dilapas sudah dilakukan penyemprotan dibeberapa titik lokasi seperti klinik kesehatan lapas, kamar warga binaan sampai lapangan lapas (08/07/2020).

Direktur Mitigasi Bencana Johny Sumbung didalam kunjungannya menyampaikan, “protokol kesehatan penting dilakukan untuk upaya pencegahan Covid-19 dengan menerapkan dimulai dari sosial distancing, pemakaian masker setiap hari dan harus diganti, menggunakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pemberian handsanitiser, pengecekan kesehatan setiap hari kepada pegawai, petugas dan warga binaan, ada yang terindikasi positif hasil rapidnya segera ditindaklanjuti dan dilaporkan ke posko gugas percepatan penanganan Covid-19 di Makassar”.

PMI Makassar melewati Musyafir Andi Muktang selaku petugas penguatan pencegahan penanganan Covid-19 mengatakan “PMI kedepan akan memfasilitasi distribusi cairan disinfektan langsung ke lapas”.

Io gugas percepatan penanganan covid-19 M. Yunus Ismail mengatakan, “ jangan membiarkan petugas, pegawai maupun warga binaan bila terkonfrmasi hasil rapid reaktif untuk pulang kerumah, agar segera diisolasi dilokasi isolasi mandiri sambil menunggu hasil test agar tidak menularkan kepada yang lain” terangnya saat mendampingi kunjungan Dirut Mitigasi BNPB ini.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan edukasi protokol kesehatan kepada pegawai petugas dan perwakilan warga binaan masing-masing blok yang disampaikan oleh tim edukasi dr. Gigih Mukhtar Sulaiman dari posko gugas percepatan penanganan covid-19.

Pewarta : Leny Kabiro Barut

Sumber : Dirut Mitigasi bencana BNPB

%d blogger menyukai ini: