11/27/2022
Post Visitors:56

FBN – Pidie Jaya || Kebijakan Administrasi kependudukan (Adminduk) dibuka oleh Pelaksana Tugas Sektaris Daerah Kabupaten (PLT Sekdakab) Pidie Jaya, Ir Jailani diruang rapat Cot Trieng Kantor Bupati Kamis (8/10/20209) dihadiri sejumlah SKPK, dan beserta Kepala Desa sekabupaten Pijay.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Kadisdukcapil) kabupaten Pidie Jaya, Helmi S.STP, M.Si, menyampaikan dibahwa administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan, melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi administrasi kependudukan.

Kemudian dalam pertemuan banyak hal yang kita sampaikan terkait dokumen negara, seperti permasalahan pecatat perkawinan, banyak penduduk yang menikah secara tidak mencatatkan pada Dinas Dukcapil maupun di KUA, dalam hal ini perlu pemahaman kepada pemuka Agama/penghayat kepercayaan tentang pentingnya akta perkawinan, dan dibangun kerja sama dalam pendataan didokumen negara.

Begitu juga disegi Akta kematian itupun sangat penting, pencatat kematian itu memberikan kepastian hukum atas meninggalnya seorang, termasuk pada pihak yang mempunyai hubungan garis keturunan atau hubungan darah yang diwujudkan melalui dokumen pencatat kematian, dan Akta Kematian bukti pengakuan negara Atas meniggal nya seorang dengan berbagai implikasi perdataan yang wajib diselesaikan.

Di tempat terpisah wartawan menjumpai Kadis Dukcapil Diruang kerjanya mengatakan, Adapun pelayanan dokumen kependudukan berbasis online, pihak Disdukcapil telah menyebarkan nomor WhatsApp khusus bagi para masyarakat di delapan kecamatan yang bernaungan di Pijay, karena mengingat masa pandemi Covit-19 kita harus menjaga jarak dan tidak boleh berkerumun, dalam hal ini kami melakukan pelayanan Disdukcapil secara Daring.

Disisi lain Kadis juga menjelaskan, mengingat ada warga yang kurang mengerti secara Daring/online, kita juga menerima pengurusan secara langsung dari Jam 8 pagi samai 12.30, sedangkan masa selanjutnya jam 2 sampai 5 petang petugas Disdukcapil melayani permohonan secara online, “jelasnya Helmi.

Selanjutnya pendataan secara daring, untuk pelanyanan bidang pengajuan Kartu Keluaga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) yaitu lewat WhatsApp 0852 75411814, kemudian Akte Kelahiran dan Akte Kematian melaui WhatsApp 085275411823.

Dalam rentang masa ini (Virus Corona) pihak dinas melakukan pelayanan lewat menggunakan WA yang telah ditunjukan sesuai dengan Kepala Seksie (Kasi) yang membidangi tugas masing-masing. (Wanis Pijay)

%d blogger menyukai ini: