Festival Seni Tari Goyang Karawang MURI Internasional “17 Ribu Orang Bergoyang”

54

KAB. KAAWANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Ribuan masyarakat menyambut antusias mengikuti pemecahan rekor MURI dalam penampilan Tari Goyang Karawang. Rekor ini tercatat dengan kriteria tari massal terbanyak, yakni berjumlah 17.857 ribu orang.

“Bahkan rekor ini memecahkan rekor dunia penari terbanyak,” kata Deputi MURI Awan Raharjo, dalam pidatonya saat menyerahkan piagam MURI pada Bupati Karawang, Jumat malam (28/9/2019).

Awang mengatakan, antusiasme warga Karawang merawat budaya sangat tinggi. Terbukti dengan peserta Festival Goyang Karawang yang begitu banyak. “Kegiatan ini merupakan bukti kecintaan warga terhadap seni tari,” ucap Awang.

Sementara itu, Wawan Gunawan, Kabid Pemasaran Area 1 (Jawa), Kementerian Pariwisata mengapresiasi Festival Goyang Karawang Internasional 2019. Ia menuturkan, festival tersebut layak menjadi agenda tahunan wisata nasional.

“Saya akan usulkan ke kurator Kementerian Pariwisata supaya Festival Goyang Karawang masuk kalender tahunan wisata nasional supaya jadi salah satu wisata unggulan Indonesia,” ujar Wawan.

Melihat antusiasme warga yang tinggi, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana berharap seni budaya tetap lestari di tengah kepungan industrialisasi di kota lumbung padi tersebut. Ia pun berjanji akan membangun sektor pariwisata sebagai sektor penting selain pertanian dan industri.

“Kita harus menjaga kearifan budaya. Setelah infrastruktur dan SDM kuat, kita bangun pariwisata sebagai sektor utama. Karawang harus maju, bukan hanya pertanian dan industri, namun juga seni dan pariwisatanya,” kata Cellica.

Reporter: A. Rachmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini