Gedung Uji PKB Batubara Siap Beroperasi

52

KAB. BATUBARA – FBN | Setelah Vakum sejak tahun 2015, kini gedung UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kabupaten Batubara kini siap Beroperasi.

Kalau ditanya kapan dioperasikan, ya sebenarnya ini pun sudah bisa langsung diaktifkan,” kata Plt Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Batubara, Jonnis Marpaung, kepada media saat kunjungan Bupati Batubara, di Gedung UPT PKB Dinas Perhubungan, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Jumat, (18/10/2019).

Ia mengatakan, saat ini Dinas Perhubungan Kabupaten Batubara telah menyurati seluruh perusahaan dan seluruh instansi pemerintah agar menguji kendaraan bermotornya di UPT PKB Kabupaten Batubara.

Sedangkan ditahun 2020, Pemerintah Kabupaten Batubara menargetkan pendapatan sebesar Rp 80 juta/tahun yang akan dijadikan sebagai pendapatan asli daerah (PAD).

“Upaya kita saat ini telah menyurati seluruh perusahaan dan instansi di Kabupaten Batubara agar menguji kendaraan bermotornya di PKB Dinas Perhubungan. 2020, PAD kita targetkan diangka Rp 80 juta/tahun,” ujarnya.

Sementara, Bupati Batubara, Zahir, mengatakan, sebenarnya keberadaan gedung UPT PKB di Batubara sudah ada sejak lama. Tetapi, selama ini alatnya tidak berfungsi.

Sekarang setelah diperbaiki struktur Dinas Perhubungan, alat tersebut sudah dapat difungsikan. Selain alat, Pemerintah Kabupaten Batubara juga kekurangan tenaga ahli dibidang PKB. Namun kini, kekurangan tenaga ahli itu sudah dapat diatasi dengan datangnya tenaga ahli dari Kabupaten Pakpak Bharat.

“Keberadaan gedung UPT PKB sudah ada cukup lama di Batubara, tapi alatnya selama ini tidak berfungsi. Kemarin juga kita tidak ada tenaga ahli dibidang PKB. Saat ini tenaga ahli kita datangkan dari Pakpak Bharat,” katanya.

Untuk itu, dirinya berharap dengan Plt Kepala Dinas Perhubungan yang baru dapat memberikan inovasi yang bermanfaat guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Batubara. Tidak saja di Dinas Perhubungan, upaya yang sama juga akan kita lalukan secara menyeluruh di Kabupaten Batubara.

Reporter : Supriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini