Gemkara Dapat Menjadi “Simbiosis Mutualisme” di Batubara

58

BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Bupati Batu Bara, Ir. Zahir Map berharap Gemkara Dapat Menjadi ‘Simbiosis Mutualisme’ di Batubara. Keberadaan Gemkara kedepan dapat membangun hubungan yang baik dengan pemerintah yang sifatnya saling menguntungkan keduanya.

“Nah jadi ‘simbiosis mutualisme’ inilah menjadi satu kesatuan untuk tata kelola pemerintahan sesuai dengan cita-cita perjuangan masyarakat Batubara saat pemekaran”, Ujar Bupati Batubara Ir Zahir usai acara penutupan Rakerda Gemkara I di Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka. Selasa (25/06/19).

Lebih lanjut Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, Gemkara kedepan dapat memberikan masukan- masukan yang positif dalam pembangunan kedepan. Gemkara dengan pokok pikiranya, dapat mendorong dan memberikan penela’an dan masukan positif sehingga dapat selaras dengan tujuan dan program visi misi pemerintah didaerah itu.

“Pada posisi itu, bukan berarti pemerintahan Zahir- Oky anti kritikan. Kedepan kami juga perlu diawasi tapi dengan cara-cara yang sopan. Diawasi dalam arti Gemkara ada bersama pemerintah dan pemerintah adalah bagian dari gemkara itu sendiri. Orang bupatinya dari Gemkara ya kan”?, tegas Zahir kembali.

Ketika ditanya tentang serapan anggaran pemerintah daerah tahun 2019 masih rendah, bupati Zahir menjawab pemerintahan Batubara dimasa ke pemimpinnya masih dalam pengkajian regulasi daerah seperti contoh pada regulasi pemilihan kepala desa (Pilkades), pada pilkades serentak yang akan digelar beberapa bulan kedepan tahun ini juga.

“Selama enam bulan inikan kita masih mengkaji sejumlah regulasi daerah, belum ada kegiatan dari pemerintahan yang menggunakan anggaran. Regulasinya dulu kita siapkan, baru anggarannya kita gunakan maka penyerapan nanti akan kita lanjutkan pada semester kedua mulai bulan tujuh kedepan tahun anggaran 2019 ini”, sebutnya.

Selain itu, Zahir juga menjelaskan, saat ini, RPJMD sudah disusun dan sekarang dalam tahap eksimintasi pada bagian hukum provinsi Sumatera Utara, setelah RPJMD itu turun nanti akan kita ajukan ke DPRD Batubara untuk bersama-sama kita bahas untuk perubahan APBD tahun anggaran 2019 bulan depan.

Kontributor: Supriadi