Gubernur Jambi Mendapat Gelar Adat “Dipati Susun Negaro”

54

KERINCI, FOKUS BERITA NASIONAL. COM | Masyarakat Tigo Luhah Semurup Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi kedatangan Gebernur Jambi dalam rangka memberikan gelar Adat terhadap Orang nomor satu di Provinsi Jambi yakni Dr. Drs H. Fachori Umar M. Hum. Oleh masyarakat Tigo Luhah Semurup.

Gelar yang diberikan oleh Tiga Luhah tersebut Mendapat gelar Adat Depati Susun Negaro pemucuk Alam Jambi, di Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci. Di dalam sambutannya Fachori menyampaikan ucapan trimakasihnya atas pengangkatan Sko dalam pemberian gelar tersebut.

Dan tidak henti-hentinya saya berterima kasih, atas penghargaan yang luar biasa ini yang sayang sandang. Fachori juga menyampaikan jangan Segan – segan dengan saya selaku Gubernur Provinsi Jambi saya akan terus berjuang untuk membangun jambi.

Apa lagi Kanduri Sko bagi masyarakat Tiga Luhah Semurup merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Kerinci itu sendiri, dan memiliki nilai sosial yang tinggi di dalam pandangan hidup yang berlaku dalam masyarakat.

Salah satu masyarakat Tiga Luhah menuturkan dalam acara kanduri Sko merupakan kemeriahan dalam suasana sakral kebudayaan. Apalagi di arak kesungai Batang Merao melewati di bawah ajungan yang sudah dibuat panitia, lalu dipercik dengan air berisi potongan limau oleh orang adat yang sudah di baca mantara.tandasnya. (Apendi)