Gunung Tangkuban Perahu Mengeluarkan Abu Teramati

53

KAB. SUBANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Kawah Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di daerah Bandung dan sekitarnya, kompleks wisata kawah Gunung Tangkuban Perahu terletak di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, tepatnya setelah Cikole Lembang.

Namun kini Gunung tangkuban perahu mengeluarkan Abu Teramati, kejadian tersebut sekitar pukul 15:48 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200m di atas puncak (± 2.284m di atas permukaan laut), Jum’at (26-07-2019).

Wisata kawah Gunung Tangkuban Perahu berada di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, tepatnya setelah Cikole Lembang.

Ilham selaku Kepala BMLG Gunung Tangkuban Parahu Memaparkan,” pada jam 15.48 Wib telah terjadi Erupsi terlihat abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 5 menit 30 detik,” tuturnya.

Adapun hasil Rekomdasi dari petugas Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status Level 1 (satu) yang dimana level 1 dinyatakan Normal.

“Wisatawan, pengunjung dan warga di sekitar Gunung Tangkuban Parahu langsung diarahkan tidak mendekati area yang terlarang, selain itu para pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu,” lanjut Ilham.

“Selain itu ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia, kami menegaskan masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas,” tutup Ilham.

Untuk mengantisipasi keamanan pengunjung dan pedagang langsung di Evakuasi, dan untuk sementara pengelola sudah menutup akses masuk ke wilayah Kawah Ratu, hingga berita ini terbit Sementara tidak ada korban Jiwa.

Reporter : Bachrie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini