Hadir Di Pembinaan Pos Kamling, Kapolres Melawi Mengajak Seluruh Elemen Masyarakat Terlibat Keamanan

54

KABUPATEN MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL | Menindaklanjuti Apel Besar 3 Pilar yang sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Melawi.

Kini Polres Melawi melalui Sat Binmas dan bekerjasama dengan Direktorat Binmas Polda Kalbar, kembali mengadakan kegiatan di ruang meeting room Hotel Nite & Day (Cantika). Guna mengoptimalkan pembinaan Awak Poskamling dalam rangka menciptakan Desa Mandiri di Kabupaten Melawi, Kamis (12/12/2019).

Hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H, Bupati Melawi diwakili Asisten 1 Setda Melawi Imansyah, Dirbinmas Polda Kalbar diwakili oleh Kasubbag Binlatpuan Ditbinmas Polda Kalbar AKP Haryono beserta Anggotanya, Kasat Binmas AKP TP. Marbun beserta Anggotanya, para Kepala Desa Mandiri beserta Perangkat Desa dan para awak pos kamling yang berjumlah sekitar 80 orang.

Kegiatan kali ini, mengusung tema “Optimalisasi Peran Siskamling Guna Mendukung Program Desa Mandiri Dalam Rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Yang Kondusif di Wilayah Kalimantan Barat”.

Dalam sambutannya, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi menyampaikan agar seluruh elemen masyarakat agar saling bahu membahu menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya masing-masing. “Keamanan bukan hanya tugas dari unsur keamanan saja seperti TNI-POLRI, tetapi kita semua memiliki hak dan peranan penting dalam menciptakan keamanan ini. Rasa aman harus dirasakan oleh seluruh masyarakat secara luas, karena keamanan adalah hak hakiki dari seluruh elemen masyarakat yang harus dimiliki oleh seluruh insan manusia,” tuturnya.

Lanjutnya, “Kabupaten Melawi pada tahun 2020 memiliki 2 agenda besar, bulan april ada Pilkades, dan Kedua Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang diselenggarakan pada bulan September tahun 2020. Waspadai dan cermati dengan bijak seluruh informasi yang ada, bapak-bapak sebagai perpanjangan tangan unsur keamanan dilingkungan masyarakat, harus mampu dan saling bersenergi dengan seluruh elemen masyarakat yang ada dilingkungan dalam menciptakan keamanan demi keamanan di Melawi ini,” jelas Kapolres.

“Waspadai berita hoax, hati-hati berkomentar, hati-hati menyikapi beredarnya informasi yang ada dimasyarakat dan informasi yang ada di media sosial. Tingkatkan peran bapak-bapak dalam fungsi keamanan, cek kebenaran cek keasliannya, bapak-bapak saling berkoordinasi dan saling bertukar informasi dengan para Bhabinkamtibmas yang ada di Desanya, agar tidak menimbulkan rasa cemas maupun masyarakat terprovokasi oleh informasi yang tidak benar. Berita hoax bisa menghancurkan sebuah Negara yang damai sekalipun, apabila tidak disikapi dengan bijak, mari saling mendukung, saling bergandengan tangan, mari bersama kita ciptakan keamanan dan ketertiban secara khusus dilingkungan kita dan secara umum kabupaten Melawi ini,” tutup Kapolres mengakhiri sambutannya.

Sementara, Asisten I Setda Melawi Imansyah membaca amanat Bupati Melawi, Poskamling merupakan unsur keamanan yang paling penting dilingkungan masyarakat, oleh sebab itu, utamakan gotong royong dan musyawarah dalam penyelesaian masalah yang ada dilingkungan masyarakat. “Selain TNI-POLRI, awak pos kamling merupakan elemen terpenting dalam hal keamanan. TNI-Polri dan awak pos kamling merupakan garda terdepan dalam membangun Kabupaten Melawi yang aman dan kondusif. Mari bersama dengan TNI-Polri yang selalu solid menjaga kondusifitas Kamtibmas diwilayah, tingkatkan kerjasama sinergitas antara 3 Pilar yang ada di lingkungan masyarakat,” bacanya.

Sambutan dan pembukaan, Dir Binmas Polda Kalbar yang diwakili oleh Kasubbag Binlatpuan Ditbinmas Polda Kalbar AKP Haryono membacakan amanat Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Didi Haryono, S.H., M.H.

Setelah selesai sambutan, acara dilanjutkan dengan memberikan materi dan pelatihan secara langsung terhadap para awak Pos Kamling.

Penyampaian materi SOP Siskamling oleh Personil Ditbinmas Polda Kalbar Aipda Herlambang. B.K, problem solving oleh AKP Haryono, TPTKP oleh Bripka Bagus Siswaka, S.H PS. Kanit Identifikasi Sat Reskrim Polres Melawi dan bela diri Polri dan Tongkat T oleh Bripka Supar’am PS. Kanit Kamsa Sat Binmas Polres Melawi.

Selesai kegiatan, para awak pos kamling diberikan barang-barang inventaris oleh Ditbinmas Polda Kalbar melalui Sat Binmas Polres Melawi yaitu Apil 2, Tongkat T 2, Borgol 1, Papan nama Pos Kamling 1, Jam dinding 2, Mantel 2, Senter 1, White Board 1, Lonceng 1, Lampu Emergency 1, P3K 1, Speaker Wireless 1 dan Ban Lengan Awak Jaga Pos Kamling 3. Barang inventaris diatas diserahkan kepada masing-masing Desa yaitu Desa Tanjung Niaga Kecamatan Nanga Pinoh, Desa Batu Nanta, Desa Belonsat (Kecamatan Belimbing) dan Desa Beloyang Kecamatan Belimbing Hulu Kabupaten Melawi.//ddk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini