08/17/2022
Post Visitors:22

FBN – KARAWANG || Dalam melawan hama terutama diwilayah pertanian khususnya Kabupaten Karawang, seorang RW di dusun Kondang desa Karang Jaya Kecamatan Pedes melakukan pengembangan menanam bunga Refugia untuk melawan hama yang selama ini menjadi musuh para petani. Hal tersebut dilakukan untuk kesuburan dengan hasil padi yang bagus dan mengurangi penggunaan insektisida. Senin (10/08/20)

Kabupaten Karawang yang selama ini dikenal sebagai lumbung padi nasional, karena Kabupaten Karawang adalah salah satu produsen padi terbesar di Indonesia. Tentunya pertanian di Kabupaten Karawang harus tetap dijaga agar selalu menjadi penghasil beras unggul. Karena beras adalah makanan pokok bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan memanfaatkan tanaman hias yang dikenal dengan sebutan Refugia, adalah salah satu cara untuk mengendalikan hama tanaman padi di pesawahan. Karena tanaman Refugia akan menarik serangga lalu menjadi tempat hidup dan berlindung musuh musuh alami hama tanaman padi seperti weureung dan penggerek batang. Selain itu, tanaman tersebut juga dapat membantu menjaga kelembapan tanah di sekitarnya.

Nasir selaku Rw di dusun Kondang desa Karang Jaya Kecamatan Pedes, melihat begitu besarnya potensi pertanian yang ada di Kabupaten Karawang. Kerena kebanyakan masyarakat diwilayah Kabupaten Karawang hidup dari hasil pertanian. Tapi seiring masalah yang dihadapi dengan perkembangan hama yang menjadi musuh para petani.

Dirinya melakukan pengembangan penanaman bunga Refugia yang dapat melawan hama padi. Selain mengurangi penggunaan insektisida, tentunya hal tersebut juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar dalam mengendalikan hama di pesawahan.

Dirinya juga berharap kepada para petani mengikuti arahan ini dalam menanam bunga Refugia untuk melawan hama yang menggangu tanaman padi. karena ini, hama dilawan dengan hama.

Dari gagasannya tersebut, dirinya juga mengaku mendapatkan respon positif dari Aca Suryana selaku Kepala desa Karang Jaya, “katanya bagus dan terus kembangkan penanaman bunga Refugia”. Ucap Nasir selaku Rw dusun Kondang desa Karangjaya kepada fokusberitanasional.net.

(Unay Clozaril)

%d blogger menyukai ini: