08/16/2022
Post Visitors:46

FBN – KARAWANG || Pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) untuk perencanaan tahun anggaran 2021 didesa kertamulya kecamatan pedes dilaksanakan pada hari rabu bertempat di aula desa kertamulya. Rabu (9/09/20).

Rapat musrenbangdes yang diadakan di aula desa kertamulya, telah dihadiri oleh masing-masing tokoh yang diantaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan perempuan, pendamping kecamatan, kasi PMD (pemberdayaan masyarakat desa), PLKB, dan rekan rekan karang taruna selain dari perangkat desa yang ada.

Dan adapun hasil Musrenbang desa kertamulya yang telah dilaksanakan untuk tahun 2021, telah menghasilkan beberapa poin. salah satu diantaranya adalah sarana olahraga untuk karang taruna, sebuah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan generasi muda yang ada didesa kertamulya.

Dalam musyawarah rencana pembangunan desa tersebut, Yeyen Ade Putra selaku sekdes kertamulya mengatakan bahwa kita telah membacakan hasil kerja pemdes tahun 2020. Kita memaparkan apa saja yang sudah dilaksanakan dan direalisasi di desa kami, pembangunannya serta pembinaan dan pemberdayaan.

Untuk rencana 2021 kami menampung semua aspirasi dari masing-masing dusun yang ada didesa kami, aspirasi dari masyarakat yang dibawa kedesa melalui RT, RW, kepala dusun, beserta BPD untuk di taikan ditahun anggaran 2021. Adapun dari insfratruktur yang tidak tercover pasca pandemi covid karena diganti sama dana BLT, Diantaranya sarana olahraga dan saluran pembuangan air limbah (SPAL).

Jadi kami taikan lagi hasil kesepakatan musyawarah karena dianggap penting untuk desa kami yang lumayan luas dan belum mempunyai sarana olahraga. Ucap Yeyen Ade Putra selaku sekdes kertamulya

Dalam kesempatan tersebut, Ade Sobur selaku ketua BPD kertamulya juga ikut memberikan keterangan kepada media tentang musrembang desa kertamulya tahun 2020 untuk anggaran tahun 2021. Adapun prosesnya kita kan tahun 2020 terkena covid, ada pengalihan dana pusat ke covid sehingga program yang 2020 itu tertunda.

Program itu menjadi prioritas program untuk 2021, diantaranya spal terpakai oleh covid, kemudian sarana olahraga serbaguna. Kemudian dari kesehatan dan pendidikan terkena covid juga, termasuk dana bumdes terkena covid. Itu jadi prioritas ditambah dengan usulan yang baru menjadi penetapan penyusunan perencanaan pembangunan desa untuk 2021 nantinya. Kata Ade Sobur selaku ketua BPD kertamulya.

Adapun sarana olahraga yang akan direalisasikan pada tahun 2021, Ade Sobur selaku ketua BPD kertamulya juga menambahkan keterangannya tentang sarana olahraga tersebut. Kebetulan didesa kertamulya karang taruna sudah terbentuk dan aktif dari mulai tingkat dusun sebagai basis kekuatan karang taruna didesa kertamulya. Sarana olahraga yang akan direalisasikan ukurannya 28×18. Selain bisa dipakai untuk olah raga badminton, juga bisa disewakan ke masyarakat untuk di pakai semacam acara resepsi.

(Unay Clozaril)

%d blogger menyukai ini: