11/27/2022
Post Visitors:60

FBN – Pidie Jaya || Terlihatnya selama ini masih banyaknya hewan ternak yang diliarkan oleh pemiliknya di sejumlah wilayah Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) Minggu (25/10/2020) hingga kini masih mejadi keluhan masyarakat dan pengguna jalan raya, salah satunya di kecamatan Jangka Buya dan Kecamatan Meureudu, dan begitu juga di kecamatan lain.

Saat wartawan melintasi jalan, akhirnya jumpa dengan salah satu warga Jangka Buya, yang enggan disebut namanya, minta kepada Pemkab Pidie Jaya melalui Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk menertibkan kembali keberadaan hewan ternak, karena melihat masih ada beberapa hewan ternak yang diliarkan oleh pemiliknya hingga di jalan raya sampai menuju kepusat kota.

Sebelumnya sempat berkurang karena ada penertiban sesuai imbauan dari pemkab Pijay melalui Kepala desa masing-masing, Tapi sekarang hewan ternak seperti sapi dan kambing mulai banyak yang diliarkan oleh pemiliknya di tempat umum seolah-olah hewan ternak tersebut tidak ada tuannya ungkap warga Jangka Buya pada wartawan.

Sebenarnya pihak Kepala desa (Kades) setempat juga sudah kerap mengimbau dan mensosialisasikan ke pemilik hewan ternak untuk tidak meliarkan hewan ternaknya di tempat umum, bahkan dibeberapa titik kecamatan telah dipasang imbauan larangan meliarkan hewan ternak sesuai peraturan yang ada.

“Namun saat ini nampaknya kesadaran masyarakat pemilik ternak masih kurang, sehingga terlihat masih tetap ada ternak yang diliarkan. Kita berharap pemilik ternak bisa menyadari agar tidak meliarkan hewan ternaknya. Semua kegiatan itu dalam rangka untuk menjaga ketertiban umum di masyarakat, itu peran semua pihak juga sangat diharapkan sehingga ketertiban dan keamanan dilingkungan masyarakat bisa terus kondusif. hasil pantauan wartawan online Fokus Berita Nasional. (Wanis Pijay)

%d blogger menyukai ini: