11/29/2022
Post Visitors:65

FBN – Pelalawan || H.M. Harris dalam pidato terakhirnya, sebagai Bupati Kabupaten Pelalawan dua periode dan berakhir tahun ini. Dalam Rapat Paripurna HUT Kabupaten Pelalawan ke 21 hari ini Senin, 12 Oktober 2020 yang digelar di aula lantai 2 Gedung DPRD Kabupaten Pelalawan, dimana Bupati membahas isu penting dan prestasi Kabupaten Pelalawan dibawah kepemimpinannya selama dua periode.

Bupati H. Harris diawal pidatonya mengatakan bahwa pentingnya menjalankan, protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini.

Adaptasi kebiasaan baru atau new normal, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Di masa pandemi saat ini, aktifitas ekomomi dan produktifitas kerja harus terus ditingkatkan tanpa terkecuali. Masyarakat diwajibkan mentaati dan harus sehat serta produktif jelasnya.

Kabupaten Pelalawan pada 9 desember 2020 mendatang akan menggelar pesta Akbar demokrasi Pilkada serentak di 270 daerah se Indonesia.

Bagaimana agar partisipasi pemilih yang tinggi, dengan prinsip “berlandaskan bebas, serta berkeadilan” harus benar – benar berjalan sesuai aturan. Pilkada wajib berjalan lancar dan aman dengan tetap saling menjaga norma yg santun, serta kondusif di Kabupaten Pelalawan agar tidak terjadi gesekan atau saling menghormati terangnya.

Bupati Harris juga menyebutkan, bahwa HUT Kabupaten Pelalawan ke – 21 mengambil thema “Sehat, Aman dan Produktif”. Mewujudkan Pelalawan yang bermarwah mandiri dan inopatif.

Dimasa situasi pandemi covid 19 sekarang ini, masyarakat harus sehat. Pilkada juga harus berjalan aman dan masyarakat harus produktif meningkatkan pertumbuhan ekonomi, demi menjaga stabilitas kehidupan beretika.
Dikatakannya juga, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pelalawan sepanjang tahun terus mengalami peningkatan. Dimana mulai tahun 2016 berada peningkatan ekonomi di angka 2,96 persen, 2017 menjadi 4,06 persen, 2018 menjadi 3,77 persen dan 2019 meningkat terus menjadi 3,91 persen.

Dalam pertumbuhan ekonomi Pelalawan, diatas rata – rata di Propinsi dan terus mengalami peningkatan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau berhasil, mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau untuk meraih 8 kali secara berturut-turut.Mulai tahun 2011 Duanya (Bupati – red), sudah bekerja keras untuk mendapatkan opini WTP yang pertama kalinya. Bahkan sampai membuat pelatihan khusus kepada instansi yang ada di Pelalawan.
Alhamdulillah, hingga saat ini kita bisa mempertahankan WTP.
Mudah-mudahan dapat dilanjutkan dengan Bupati Pelalawan yang baru, yang nantinya memimpin Kabupaten Pelalawan pada periode 2021 – 2026 terang Bupati.

Bupati HM. Harris, juga mengklaim tingkat kemiskinan dan penganguran turun drastis dengan mengatakan angka persentase yang ada sesuai data. Segudang prestasi di tingkat nasional juga dikatakan, mulai dari berbagai sektor terutama yang terangkum dalam 7 program strategis Kabupaten Pelalawan.
Visi dan Misi dalam sektor, pembangunan Kabupaten Pelalawan Tahun 2016 – 2021 yaitu “Inonasi Menuju Pelalawan Emas Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera serta inovatif”. Makna dari program strategis itu, adalah pembangunan yang didorong upaya, serta gerakan dan prakarsa inovatif menuju Kabupaten Pelalawan yang mandiri dalam ekonomi, aman, sejahtera dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Mandiri dalam ekonomi berarti memiliki komitmen dan konsistensi yang tinggi untuk memberdayakan kemampuan, sumberdaya Daerah.

Sedangkan misi, pembangunan Kabupaten Pelalawan tahun 2016 – 2021 sebagai berikut :
Pertama, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia unggul, beriman bertaqwa dan berbudaya melayu. Dua Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat serta lingkungan. Tiga Meningkatkan penguatan sistem Inovasi untuk mendukung perekonomian daerah yang kuat dan berdaya saing tinggi. Empat Meningkatkan pembangunan infrastruktur. Lima Meningkatkan kinerja birokrasi dan otonomi desa. Enam Meningkatkan investasi dan pengelolaan sumberdaya unggulan daerah berbasis kerakyatan dan partisipasi masyarakat yang berkelanjutan. Tujuh Menciptakan ketertiban dan keamanan.

Bupati HM.Harris mengingat kan kepada siapapun Pemimpin di Kabupaten Pelalawan nantinya. Harris menekankan agar seluruh Satuan Kerja (Satker) bisa mendukung program Pemerintah yang lebih baik, terutama melanjutkan 7 program strategis yang telah dilakukan sebelumnya. Kita butuh team work yang mau bekerja guna mencapai tujuan. Dengan didukung RPJMD yang di buat berorientasi dengan program Pusat.

7 Program strategis ialah : Pelalawan Sehat, masyarakat harus sehat dan pelayanan kesehatan yang baik. Terwujud Puskesmas Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan meraih prestasi akreditasi UTAMA atau bintang empat satu satunya di Provinsi Riau.

Kedua Pelalawan Cerdas untuk meningkatkan IPM dan Peningkatan Sumber daya manusia. Sampai ke membangun kampus perguruan tinggi dikabupaten Pelalawan. AKNP dan ST2P merit perguruan tinggi yang mencetak SDM berkualitas dan sangat dibutuhkan.

Ketiga Pelalawan Terang, meningkatkan elektrifikasi dan membangun PLTMG.

Keempat Pelalawan Lancar dan PPIDK, pembangunan infrastruktur perhubungan serta desa kelurahan.

Kelima Pelalawan Makmur, membangun pertanian , perkebunan untuk ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

Keenam Pelalawan Eksotis, Pembangunan kawasan wisata serta promosi daerah . Gelombang bono dari hal yang menakutkan menjadi potensi wisata. Dan menjadi icon wisata Riau.

Ketujuh Pelalawan Inovatif, membangun berbagai inovasi sesuatu potensi daerah.

(Dau/Sur)

%d blogger menyukai ini: