HMI FEB UNIMAL Soroti KEK Arun, Dorong Pemkot Lhokseumawe dan Pemkab Aceh Utara Terus Lakukan Pelatihan Tenaga Kerja

58

LHOKSEUMAWE, FOKUS BERITA NASIONAL | Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh meminta Pemkot Lhokseumawe dan Pemkab Aceh Utara untuk terus mempersiapkan tenaga kerja KEK Arun dengan mengadapan pelatihan kerja, Selasa (03/09/2019)

Sekretaris Umum HMI FEB UNIMAL Hidayatullah, mengatakan pelatihan tenaga kerja ini harus terus dilakukan mengingat potensi daya serap tenaga kerja KEK Arun hingga 40.000 orang.

“Potensi penyerapan tenaga kerja hingga 40.000 orang, dalam hal ini Pemkot Lhokseumawe dan Pemkab Aceh Utara harus tancap gas guna mempersiapkan warganya untuk mampu bersaing dalam dunia tenaga kerja KEK” ungkap Dayat.

Lanjutnya, Pada tahun 2018 persentase penduduk miskin Lhokseumawe berada pada angka 11,81% dan Kabupaten Aceh Utara tahun 2018 berapa pada angka 18,27 %. Persentase penduduk miskin kota dan kabupaten ini menurun dari tahun sebelumnya, tetapi angka ini masih diatas persentase penduduk miskin Nasional dan bahkan pulau Sumatera. Setember 2018 persentase penduduk miskin Nasional 9,66% dan Pulau Sumatera sebesar 10,21%. Jadi harapan kita di tahun berikutnya dengan adanya KEK Arun ini mampu menyerap tenaga kerja lokal sehingga mampu menurunkan angka kemiskinan.

“Persentase penduduk miskin di Lhokseumawe dan Aceh Utara menurun di tahun 2018 jika dibandingkan sebelumnya, ini bisa kita lihat di publikasi Badan Pusat Statistik, Kota Lhokseumawe dalam angka 2019 dan Kabupaten Aceh Utara dalam angka 2019, tetapi persentase penduduk miskin kita masih diatas pulau sumatera dan nasional.Kita harap dengan hadirnya KEK Arun mampu menurunkan angka persentase penduduk miskin di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara”. Terang Dayat

Harapnya, pemerintah terus melakukan pelatihan kerja, supaya SDM yang dimiliki oleh Lhokseumawe dan Aceh Utara mampu memenuhi kriteria yang dibutuhkan sebagai tenaga kerja KEK Arun.

Reporter: Alga M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini