Ini Pengakuan Kepsek SDN Wanareja Terkait Ijazah

56

KAB. SUBANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Berawal adanya pengakuan dari salah satu murid yang pernah duduk di banku SD Negri Wanareja dan satu orang tua murid alumni SD Negri Wanareja memaparkan pihaknya diminta biaya untuk penebusan Ijazah, sebut saja Darma orang tua dari Wawan Darmawan dan Winda Puspita Sari, Kamis (01-08-2019).

Keduanya memaparkan kepada pihak media hingga saat ini Ijazahnya belum diterima dari pihak SD Negri Wanareja. lantaran biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak murid atau orang tua murid belum diberikan kepihak sekolah.

Yang sudah diberitakan sebelumnya Darma orang tua dari Wawan Darmana dan Windi Puspita Sari memaparkan,” Saya lulus tahun 2013, hingga saat ini ijazah masih ditangan guru, saya disuruh bayar 170.000 untuk menebus ijazah,” ucap Windi saat ditemui oleh awak media, Rabu malam (31-07-2019).

Saat dipertanyakan terkait ijazah Windi dengan tegas sangat membutuh Ijazah tersebut. Hal serupa dilontarkan oleh Darma orang tua dari Wawan Darmawan. Wawan Darmawan kelulusan tahun 2016 – 2017,” Dulu disuruh bayar 260.000 tapi udah dibayar 100.000, tinggal 170.000, hingga saat ini Ijazah belum dikasih (Pihak Sekolah),” tandasnya.

Darma memaparkan alasan pihak sekolah dasar meminta biaya tersebut,” Dikarnakan (Anak Darma) tidak mengikuti ulangan semester satu, harus pakai uang kalau tidak salah 70.000 jadi totalnya 170.000 yang belum dibayar,” papar Darma.

Hasil dari pengakuan Darma dan Windi, pihak media mencoba untuk konfirmasi, dan pihak Kepala Sekolah SD Negri mengelak adanya penebusan Ijazah dengab alasan,” Kalau untuk Ijazah tidak ada sangkut paut dengan penebusan Ijazah, takut dari hasil komitmen orang tua murid dengan komite takutnya ada biaya khusus sehubungan adanya perpisahan atau yang lainnya,” Papar Endang Maman SP.d, Kamis siang (01-07-2019).

“Bukan namanya penebusan itu salah pengertian, dimungkinkan karna belum memenuhi kewajibannya jadi malu mengambil (Ijazah) kesekolah, seharusnya orang tua saja langsung kesekolah,” lanjut Endang.

Selang beberapa menit wali murid kelas 6 SD Negri Wanareja menghapiri ruang Kepsek SD Negri Wanareja, dan terlihat beberapa Ijazah peserta didik yang belum diambil oleh beberapa murid SD Negri Wanareja.

Reporter : Bachrie