Inspektorat Batubara Bidik Kapabilitas APIP Level Tiga

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Inspektorat Kabupaten Batubara memasang target Peningkatan Kapabilitas Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (PK APIP) level tiga di tahun 2020.

Langkah tersebut memiliki dasar hukum lewat RPJM yang telah menargetkan kapabilitas APIP 2020, berada pada level tiga dari skor level dua hingga lima sesuai kriteria penilaian internasional (IACM).

Sejauh ini, kondisi di tingkat kapabilitas APIP sebagian besar berada diangkat 85% persen dan masih berada di level dua plus, terhitung hingga 18 April 2019, dan sekarang sudah di level tiga dengan catatan.

”Target inspektorat daerah Batubara di tahun 2020 adalah Kapabilitas APIP berada pada level tiga penuh, tapi saat ini kita masih di level tiga dengan catatan,”ujar Rusian Heri Siregar, Inspektur daerah Batubara, rabu (7/8) saat dikonfirmasi di ruang kerjanya

Upaya tersebut selain mengacu dengan nawacita presiden Joko Widodo dan program Zahir Bupati Batubara, Inspektorat juga mengacu pada peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP).

Pada pasal 11 menyebutkan APIP dengan level tiga (Integrated) diharapkan telah menerapkan praktik professional audit internal secara seragam dan telah selaras sepenuhnya dengan standar audit.

Sedikitnya ada enam elemen PK APIP yang dinilai. Dari keenam elemen tersebut Kapabilitas APIP level tiga penuh diharapkan bisa tercapai.

Sudah 4 elemen, tingal 2 elemen lagi, untuk mencapai APIP inspektorat ke level 3 penuh”kata Rusian Heri.

Penilaian enam elemen tersebut juga sudah ditempuh Inspektorat Batubara, walupun dengan beberapa catatan.

”Untuk elemen PK APIP yang dinilai diantaranya , peran daya layanan APIP, pengelolaan SDM, praktek professional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi serta struktur tata kelola,”tambah mantan Kadis Disduk Capil Batubara itu.

Sejauh ini, strategi yang dilakukan Inspektorat Batubara meliputi beberapa aspek.

Diantaranya membuat rencana capaian kapabilitas di lingkungan APIP Inspektorat Batubara dari tahun 2019 hingga 2020.

Melakukan Self-Assessment atas kapabilitas yang telah dicapai, serta melakukan Self-Improvement atas kelemahan yang masih ada berdasarkan Self Assessment yang telah dilakukan.

Disamping itu, Inspektorat juga menindaklanjuti hasil Quality Assurance (QA) yang telah dilakukan oleh BPKP.

Untuk mewujudkan itu, Inspektorat juga mendorong strategi pendukung meliputi kebijakan rekrutmen SDM dalam jumlah dan kompetensi yang memadai.

Ketersediaan dana dan prasarana yang memadai. Termasuk dukungan dari kepala daerah dalam hal ini Bupati Batubara, Zahir dan seluruh jajaran pimpinan.

Terakhir peningkatan pada kapasitas dan kapabilitas yang dilakukan secara terus menerus.

”Inspektorat telah dilakukan quality assurance (QA) pemenuhan dokumen PK APIP elemen satu hingga elemen enam oleh BPKP Perwakilan Sumut pada bulan Januari – Februari 2019 yang lalu” pungkasnya.

Data dirilis sesuai dengan Kontra.ID. Reporter: Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *