Inspektorat Kab. Bekasi Lakukan Pemeriksaan APBN Desa Tanjung Baru Tahun 2019

57

Kab.Bekasi – FBN | Inspektorat Kabupaten Bekasi periksa anggaran Dana Desa 2019 di wilayah Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Selasa (03/12).

Pemeriksaan dilaksanakan atas perintah Bupati Bekasi guna menetralisir anggaran yang sudah terserap oleh Desa Se-Kabupaten Bekasi.

Anggaran Dana Desa (ADD) tahap 1 dan tahap 2 untuk tahun 2019 sudah diterima para kepala desa sekabupaten Bekasi, sesuai dengan rancangan pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes), Inspektorat Kab Bekasi adakan pemeriksaan di seluruh desa agar anggaran tersebut tidak disalah gunakan dan tepat sasaran sesuai pengajuan.

Diantaranya desa Tanjung baru kecamatan Cikarang Timur Kab Bekasi yang merupakan salah satu desa yang di periksa oleh Inspektorat ada 8 titik yaitu pembangunan 7 titik jalan lingkungan (jaling) dan 1 titik pembangunan drainase atau saluran air.

Kepala Desa Tanjung baru Dudu Sumbali SH mengatakan “saya sangat berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menggunakan anggaran dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat untuk pembangunan diwilayah desa Tanjung baru ini, makanya dengan adanya pemeriksaan dari Inspektorat Kab.Bekasi yang memang rutin persatu tahunnya ini saya sangat mendukung, apalagi untuk kali ini pihak Inspektorat meminta saya untuk mengundang semua pihak agar benar-benar transparan,

Dengan begini saya yakin kedepan untuk pembangunan infrastruktur kita bisa sesuai dengan RPMDes, karena bagi saya penting sekali yang menginginkan adanya pembangunan diwilayah desa Tanjung baru hasil pembangunan peruntukannya juga manfaatnya dirasakan masyarakat saya.

Imam Selaku Auditor Inspektorat Kab.Bekasi mengatakan kepada fokusberitanasional.com “kita mendapat surat perintah untuk memeriksa baik administrasi maupun fisik terkait dengan penggunaan anggaran dana desa apa adanya, dan kebetulan untuk desa ini saya memeriksa fisik apa adanya sesuai dengan RPJMDes, sampai saat ini setiap kali saya turun saya meminta kepada kepala desa untuk mengundang semua elemen karena ini bagi saya sangat penting untuk keterbukaan publik diantaranya dihadirkannya pihak desa, BPD, bimaspol, babinsa, dan rekan media masa, untuk bersama sama kita langsung melihat hasil pekerjaan yang menggunakan uang negara tersebut, jangan sampai terkesan ada apa,!!! atau terjadinya kecurangan didalam pemeriksaannya.

“Saya sangat mengharapkan, Sambungnya Imam, anggaran dana desa itu agar sesuai dengan perencanaan dan pelaksanaan nya agar efektif nya tercapai, efisiensi nya tercapai dan manfaat nya dirasakan oleh masyarakat,

Bimaspol Desa Tanjung baru Aiptu Samas mengatakan saya sangat apresiasi kinerja Inspektorat Kab Bekasi, karena benar-benar transparan apa adanya kita semua di undang dari pendamping desa, BPD, bimaspol, babinsa juga rekan media untuk ikut keliling ke semua titik lokasi pembangunan yang telah dikerjakan pemerintah desa dengan menggunakan anggaran dana desa.

dibuktikan saat dilokasi yang telah dikerjakan dengan dari panjangnya, lebarnya dan juga tinggi pembangunan jaling yang ada diwilayah desa Tanjung baru pihak Inspektorat sangat transparan kepada kita semua, bersama – sama mengukur dan melihat hasilnya tidak ada yang ditutup-tutupi, ini merupakan terobosan baru di era keterbukaan publik sangat bagus perlu terus ditingkatkan kedepan nya, pungkasnya.

Reporter : (**dre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini