Jaga Kamtibmas dan Tangkal Berita Hoax, GAPSIDO Gelar Seminar Kepemudaan

24
Foto saat seminar kepemudaan yang digelar OKP GAPSIDO diAula Hotel Bintang Anugerah

FBN – MELAWI,KALBAR || Upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Gabungan Pemuda Sidomulyo ( Gapsido ) menggelar seminar kepemudaan dengan mengangkat tema “Peran Pemuda Dalam Menjaga Kamtibmas dan bahaya berita Hoax Yang Dapat Memecah Belah Persatuan NKRI “. bertempat diaula Hotel Bintang Anugerah Desa Sidomulyo Kecamatan ,Nanga Pinoh Kabupaten Melawi,”Jum’at(26/02/21).

Acara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan acara secara resmi dibuka Bupati Melawi yang diwakili Asisten I Setda Kabupaten Melawi, Imansyah, S.Sos, turut hadir Kasat Binmas Polres Melawi Iptu Haryono,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi yang diwakili oleh Staf Dinkes Melawi dr. Elsan laduri,Kades Terpilih Desa Sidomulyo, M. Syukur,serta berbagai elemen organisasi kepemudaan yang ada dikabupaten Melawi

Dalam sambutannya Bupati Melawi yang diwakili Asisten I Setda Pemkab Melawi Mengatakan di era digital seperti saat ini penyebaran informasi kian bertumbuh dan berkembang tak terelakan, dimana keberadaan alat telekomunikasi turut memancing bermunculan media sosial dalam berbagai jenis, tidak hanya itu portal–portal pemberitaan online juga turut menjamur, setiap hari selalu ada saja berita yang tersebar tanpa memiliki batasan dalam mengaksesnya.

Berita yang menjadi bahasa bagi individu ataupun kelompok dalam menyampaikan informasi sekarang penyebaranya bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun dengan media sosial serta jaringan internet yang memadai. namun pada kenyataannya media sosial yang mulanya sebagai alat dalam mempermudah dalam berkomunikasi kini dibalik fungsikan sebagai alat penebar berita kebohongan atau hoax”

Foto kasat Binmas Polres Melawi Iptu Haryono berikan materi di acara seminar yang digelar GAPSIDO

Pemuda sebagai generasi yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi serta pemikiran yang terbuka, seharusnya dapat menjadi promotor dalam menangkal tersebarnya berita hoax.

Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi stimulus bagi pemuda-pemudi indonesia khususnya kabupaten melawi dan segenap lapisan masyarakat untuk bisa bergerak bersama peduli terhadap kamtibmas dan bahaya penyebaran berita hoax, caranya dengan melakukan hal-hal yang sederhana namun berdampak bagi masyarakat”. Harapnya

“Pemuda sebagai generasi penerus bangsa dan agen perubahan dapat membawa dampak yang baik yang tentunya akan sangat memberi manfaat bagi kemajuan masyarakat terutama dalam menjaga kamtibmas dan penyebaran berita hoax di Kabupaten melawi tercinta ini” Tutupnya.

Foto Bersama undangan yang hadir diacara seminar kepemudaan yang digelar OKP GAPSIDO

Dikesempatan yang sama ketua GAPSIDO Sahdikin Nur, S.Pd., menyampaikan dengan adanya kegiatan seminar ini berharap peran pemuda di Kabupaten Melawi khususnya pemuda Sidomuyo dapat menjadi contoh guna menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas serta kegiatannya dimanapun masyarakat itu berada.

” Kegiatan seminar ini tentunya dapat membangun rasa persatuan, kebersamaan dan menguatkan tekat pemuda berperan aktif memelihara keamanan dan kesatuan bangsa. Semoga peran pemuda membawa dampak yang baik serta dapat menjaga Kamtibmas dan menangkal setiap berita Hoax “,Ujarnya

Usai dibuka acara dilanjutkan seminar dan sesi tanya jawab dengan Kasat Binmas Polres Melawi Iptu Haryono sebagai narasumber dengan materi Peran Pemuda Dalam Menjaga Kamtibmas dan bahaya berita Hoax Yang Dapat Memecah Belah Persatuan NKRI dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi yang diwakili oleh Staf Dinkes Melawi, dr. Elsan Laduri menyampaikan materi tentang Pentingnya Vaksinasi Untuk Memutus Penularan Covid – 19.Acara ditutup dengan doa dan sesi Foto Bersama.

(Dk/Dm)