09/24/2022
Post Visitors:39

KOTA SERANG – FBN || Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tingkat desa/Kelurahan agar tetap kondusif, perlu sinergitas antara tiga pilar kamtibmas yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perangkat Desa/Kelurahan.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Serang Polres Serang Kota dan Babinsa melaksanakan sambang dan silaturahmi ke Kantor Kelurahan Keagungan Kota Serang, Kamis (06/08/2020).

Kapolsek Serang Kompol Hadi Sucipto, mengatakan, kegiatan tersebut mempunyai maksud untuk menjalin komunikasi dan hubungan baik serta koordinasi antara Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa/Lurah dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kulurahan Keagungan Kota Serang, agar tetap aman dan kondusif.

“Agar sinergitas Tiga pilar ini bisa berjalan optimal, dibutuhkan komunikasi intens antar unsur Kepala Lurah dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas. Soliditas diantara mereka harus dibangun berdasarkan kedekatan emosional sehingga, dalam menjalankan perannya sebagai solusi dari setiap permasalahan di desa/Kelurahan, agar tetap aman dan kondusif.” kata Kompol Hadi Sucipto.

Kompol Hadi, menilai, bahwa Tugas pokok dan fungsi Bhabinkamtibmas itu sendiri harus dapat membimbing masyarakat bagi terciptanya pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman masyarakat di desa/Kelurahan.

“Untuk itu, dalam mensinergikan peran ketiga pilar tersebut maka harus memegang beberapa prinsip yang harus dilaksanakan secara bersama-sama yaitu komunikasi intensif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesaian masalah, komitmen mewujudka kamtibmas dan membangun kemitraan,” ujar Kompol Hadi Sucipto.

“Tidak hanya itu, ketiga unsur pilar ini juga harus dapat membangun kemitraan, berpartisipasi aktif dan juga ikut pro aktif dengan kegiatan masyarakat,” tambah Kompol Hadi Sucipto.

(Ari/red)

%d blogger menyukai ini: