08/14/2022
Post Visitors:31

KOTA SERANG – FBN || Kantor Kementerian Agama Kota Serang menghimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan saat pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 H, dan penyembelihan hewan kurban.

Imbauan tersebut sesuai dengan edaran Menteri Agama nomor 18 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H, Tahun 2020, Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19. Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Serang H. Lukmanul Hakim S. Ag, M.Si, kepada awak media diruang kerjanya. Kamis, (30/07/2020).

Kemenag kota serang dengan pemerintah kota Serang telah melakukan rapat koordinasi terkait dengan persiapan shalat Idul Adha maupun pelaksanaan kurban nya. Hanya saja tahun ini pelaksanaan salat Idul Adha mungkin tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mengingat kondisi Idul Adha tahun ini dirayakan dalam masa Pandemi Covid-19.

“Penerapan protokol kesehatan ini diharapkan pada pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berlangsung aman sesuai tuntunan agama Islam, sekaligus meminimalisir risiko akibat terjadinya kerumunan dalam satu lokasi sehingga, dikhwatirkan akan rentan terjadinya penyebaran wabah covid-19,” kata Kepala Kemenag Kota Serang H. Lukman

Kami minta lanjut Lukman, kepada petugas pelaksana untuk berperan aktif dalam menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan saat pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan kurban di daerah masing-masing.

“Petugas pelaksana harus memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan sebagaimana yang diharapkan. Petugas harus menyediakan fasilitas cuci tangan dan alat pengecek suhu di lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan dan memastikan masyarakat tetap menjaga jarak minimal 1,5 meter,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Kemenag kota serang sudah berkoordinasi dengan pemerintah kota serang terkait kebijakan daerah tentang pelaksanaan shalat Idul Adha dan pemotongon hewan kurban, dengan dilalukan sesuai protokol kesehatan yang ada di masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

“Kalau aturan dari Kemenag sudah ada. Sekarang yang kita sampaikan kepada warga masyarakat kota serang, agar hati-hati pada saat menyembelih (hewan) kurban karena biasanya ada kerumunan,” ujar Lukman.

(Ari Wibowo)

%d blogger menyukai ini: