10/02/2022
Post Visitors:42

FBN – Pidie Jaya || Kejaksaan Negeri (Kejari) Pidie Jaya, berhasil
Menangkap kembali DPO Riki Akbar Alias Abu Malaya, yang dipimpin oleh Kasi Intelijen Kejari Pijay Rifai Affandi,SH,.MH dan Kasat Intelkam Polres Pidie Jaya turut juga dibantu personil Sat Intelkam, penangkapan di Rumah orang tuanya Gampong Mbeu kecamatan Tringgadeng. Rabu (24/3/2021).

Dalam Konferensi pers Kepala Kejaksaan Negeri Pijay Mukhzan SH MH mengatakan, Setelah kabur lima bulan Riki Akbar selaku Pemilik akun Facebook Abu Malaya yang merupakan terdakwa dalam kasus ujar kebencian dan SARA terhadap Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di tahun yang lalu.

Menurut Mukhzan, Abu Malaya menjadi buronan usai kabur dari ruang tahanan, di gedung Tgk Chik Pante Geulima dengan cara membobol dan membakar plafon ruang tahanan isolasi Covid-19, hari Minggu tanggal 4 Oktober 2020 tahun lalu sedang melakukan isolasi mandiri, karena Abu Malaya positif Covid-19 usai mendapat hasil Rapit Tes.

Selama menjadi DPO, pantauan tim kami, tersangka ini telah berpindah-pindah dari satu titik ke titik lain juga dalam kawasan Kabupaten Pidie Jaya. Sehingga titik terakhir kami lakukan pemantauan dengan adanya informasi, langsung kami lakukan penangkapan,” jelas Mukhzan.

Dalam kejadian tersebut, Abu Malaya dijerat dengan tindak pidana ujaran kebencian sebagaimana diatur dalam pasal UU RI No. 19 tahun 2016 sebagaimana telah dirubah dengan UU RI No. 11 Tahun 2018 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. jelas mukhzan. (Wanis Pijay)

%d blogger menyukai ini: