Kades Cemarajaya Kecamatan Cibuaya Gelar Kegiatan Ruat Hajat Bumi Disambut Antusias Warga

60

KAB. KARAWANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Yonglim Kepala Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, Melakukan kegiatan Upacara adat Hajat Desa yang disebut Ruat Hajat Bumi Bertepatan dengan Bulan Muharam menyambut tahun baru islam 1441 Hjiriyah 2019.

Yonglim Supardi Kepala Desa Cemarajaya saat di konfirmasi FBN. Menurutnya, Hajat Bumi seperti ini sudah dilakukan sejak dahulu dan diteruskan secara turun temurun dari nenek moyang kita, dan berkembang di Pulau Jawa, terutama di Desa Cemarajaya (4/9/19).

Pasalnya warga masyarakat Desa Cemarajaya yang mayoritas bekerja sebagai petani tambak untuk sementara meninggalkan aktivitasnya bagi mereka, berbondong-bondong menghadi acara Hajat Bumi , bahkan dari luar Karawang banyak yang datang untuk menghadiri acara hajat bumi.

Menurutnya, Yonglim Hajat Bumi yang dilaksanakan warga Desa Cemarajaya, tersebut merupakan sebuah ungkapan rasa syukur.“atas nikmat dan karunia Allah SWT karena masih diberi rezeki berupa hasil bumi. Karenanyaa warga sini selalu kompak hadir di acara Hajat Bumi,” katanya.

Meski masih dilanda keprihatinan mendalam akibat kebocoran sumur Pertamina ,acara Hajat Bumi kami laksanakan, dengan adanya kegiatan ini, semoga Tuhan yang maha Esa memberikan ketabahan dan keimanan serta kesehatan dari Allah SWT.

Dalam acara Hajat Bumi ini, dihadiri langsung oleh Kakanwil Jawa Barat, Muspika beserta jajarannya, dari Kapolsek Dan Ramil beserta anggotanya yang secara langsung memberikan 500 paket sembako untuk warga yang terdampak limbah minyak. Masyarakat juga dihibur oleh pagelaran kesenian Tradisional wayang kulit Kidalang Dian Pradita dari Lohbener Indramayu. Dengan judul cerita ( BUMI LOKA ) di akhiri Ruat Bumi.

Kepala Desa Cemarajaya, Yonglim Supardi, menuturkan, Hajat Bumi dan Baksos ini, selain untuk menjalin tali silaturahmi yang baik antar sesama juga merupakan tanda syukur atas semua limpahan rejeki dari Allah SWT.

Hajat Bumi ini dirayakan oleh masyarakat Desa Cemarajaya Ini juga sudah menjadi tradisi turun temurun dan budaya adat istiadat yang ada di sini,” Menurutnya, sebelumnya diadakan syukuran menyembelih hewan kerbau, tabligh akbar, santunan kepada 80 anak yatim dan acara puncak kegiatan setelah Ruat Bumi, dilanjutkan Karnival Iring-ringan mengarak sasajen dan Kepala Kerbau.

Di iringi music dangdut organ tunggal, iring-iringan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Cemarajaya ( Yonglim ) beserta semua perangkat desa, Karangtaruna para nelayan para petani tambak,juga di iringi siswa-siswi SDN Cemarajaya, dengan lantunan music yang ber irama,pungkasnya, (4/9/19).

Sementara” Wenda Carya Sesepuh Desa Cemarajaya selaku Panitia Penyelenggara Hajat Bumi, Alhamdulillah atas ijin Allah yang mana acara Hajat Bumi ini berjalan dengan lancar, atas perjuangan Kepala Desa Cemarajaya ( Yonglim Supardi )ucap wenda.

Harapan warga masyarakat Desa Cemarajaya kepada Pihak pertamina agar secepatnya memberikan konpensasi kepada para nelayan khususnya kepada warga masyarakat Desa Cemarajaya yang masih dilanda keprihatinan yang mendalam akibat limbah kebocoran sumur pertamina.

Di akhiri acara carnival iring-iringan mengarak sasaji dan kepala kerbau, kemudian kepala kerbau di kubur di depan halaman Kantor Desa Cemarajaya, persembahan bagi leluhur.,Dengan di laksanakannya Ruat Hajat Bumi ini semoga para petani tambak khususnya umumnya kepada masyarakat Desa Cemarajaya mendapat barokah dari Allah SWT.

Semoga Kepala Desa Cemarajaya ( Yonglim Supardi ) dalam menjalankan tugas amanah dari warga masyarakat cemarajaya beserta jajaran perangkat desa cemarajaya mendapat lindungan Allah SWT Insa Allah Warga masyarakat Desa Cemarajaya kedepan lebih maju dan sejahtra Aman Tentram Gemah Ripah Repeh Rapih Amin pungkasnya.

Reporter: A. Rahmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini