09/24/2022
Post Visitors:69

KARAWANG – FBN || Desa kertamulya kecamatan pedes kabupaten karawang, selain berfungsi untuk melayani kepentingan dan keperluan masyarakat dalam memberikan pelayanan, ternyata ada hal unik yang bisa disuguhkan di kantor desa tersebut. Yaitu, perpustakaan kecil dimana yang gemar dan hobi membaca bisa datang ke kantor desa kertamulya untuk membaca dalam menambah ilmu dan pengetahuan. Rabu (9/09/20).

Yeyen Ade Putra selaku Sekdes Kertamulya, mengatakan perpustakaan tersebut tujuannya supaya masyarakat khususnya anak anak bilamana ada yang mau baca silahkan. Atau saat orang tua datang ke ruang pelayanan dan membawa anaknya, terus anaknya ingin membaca buku di ruang perpustakaan, dan kebetulan perpustakaan ada diruang desa ini.

Tahun 2019 ada seseorang pemudi bernama Geby dari desa kami di dusun jayamukti yang sudi untuk berkontribusi terhadap desa, mungkin dia melihat karena anak anak didesa kertamulya ini baca tulisnya kurang aktif.

Dia datang kedesa katanya ingin membuka perpustakaan, kami sebagai pemerintah desa merasa bangga ada sosok perempuan muda datang ke desa untuk membantu kami. Kami open, silahkan nanti kami anggarkan untuk buku-buku yang barunya.

Terus fasilitas tempatnya bekas posyandu yang tidak terpakai karena tempat posyandu sudah dialihkan ke tempat lain. Kebetulan kita punya buku-buku dari tahun 2011, terus buku-buku yang tadinya disimpan digudang desa akhirnya dibersihkan oleh neng Geby dan rekan-rekannya dan di taroh diperpustakaan yang ada.

Sebenarnya, Kita sudah menganggarkan buat pembelian buku baru sama rehab ruangannya tahun 2020 dari anggaran dana desa. Berhubung ada covid, terus dana desa itu dialihkan ke BLT, jadi anggaran untuk rehab dan pembelian buku perpustakaan untuk sementara ditunda dulu.

Insya Allah di tahun anggaran nanti 2021, kami pemerintah desa kertamulya mau menganggarkan lagi untuk perpustakaan tersebut yang sudah masuk program desa. Kata Yeyen Ade Putra selaku Sekdes Kertamulya memberikan keterangannya kepada media dari awal adanya perpustakaan tersebut.

Senada dengan apa yang dikatakan oleh Ade Sobur selaku ketua BPD kertamulya, Ini program desa, diperuntukan untuk masyarakat yang datang kedesa, silahkan yang mau membaca, kalau mau pinjam silahkan nanti kembalikan lagi. Untuk harapannya semoga bisa memancing daya baca masyarakat, makanya kita sediakan perpustakaan. Ucap Ade Sobur selaku ketua BPD kertamulya.

(Unay Clozaril)

%d blogger menyukai ini: