08/11/2022
Post Visitors:28

RIAU – FBN || Setelah beberapa waktu yang lalu di resmikan oleh Kapolda Riau dan Forkopimda Provinsi Riau program Jaga Kampung dan Ketahanan Pangan dengan penyemaian bibit tanaman serta bibit ikan yang dapat membantu ketahanan pangan masyarakat.

Kali ini rombongan Kapolda Riau bersama Gubernur Prov Riau kembali ke Pelalawan bukan untuk meninjau perkembangan bibit tanaman melainkan dalam rangka panen raya Jaga Kampung Polda Riau Dan Penjualan Hasil Panen yang langsung dilakukan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi. M.Si.
Wakil bupati pelalawan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dalam program Jaga Kampung dan Ketahanan Pangan.
Kegiatan Ini tidak lain untuk menunjukkan kepeduliaan kepada bapak bapak terhadap petani kita. Dengan adanya kegiatan seperti ini kita berharap kedepan petani termotivasi agar bisa terus lebih baik untuk kedepannya. Melalui kegiatan seperti ini yang membuat hasil tani semakin membaik dapat membuat harga pasaran seperti jagung semakin naik.
Dari kelompok tani menyampaikan Sambutan perwakilan kelompok tani harapan jaya.

“Terimakasih kepada bapak Kapolda yang telah membuat kegiatan ini sehingga kami sangat terbantu baik dari segi pangan maupun ekonomi, Sejak adanya wabah covid-19 ini kami petani sangat terdampak dalam hal ekonomi tetapi setelah adanya kegiatan ini”, tutur salah seorang perwakilan kelompok tani.

Selain itu, Terimakasih kepada polri yang telah memberi bantuan dan dukungan yang diberikan kepada kami, dari awal kami selalu semangat dalam hal bercocok tanam walaupun sebelum adanya kegiatan ini kami tidak bisa dan tidak pernah melakukannya tetapi karena adanya kegiatan ini kami dapat belajar. jelas perwakilan kelompok tani.

Sudah 72 hari kegiatan bercocok tanam yang dilakukan dan saling bekerjasama dan dalam waktu 3 bulan lagi akan menanen hasil perikanan yang dimana benihnya di tebar sendiri oleh bapak Kapolda Riau.

“Saya datang kesini 74 hari lalu pada tanggal 5 mei untuk menanam jagung disini, pada hari ini tanggal 24 juli kita melaksanakan panen bersama di lokasi ini.

Terimakasih kepada bhabinkamtibmas dan kelompok tani yang selalu memelihara tanaman ini dengan baik, kedepan Program ini harus terus kita tingkatkan. Kegitan ini bertujuan untuk membuat petani lebih lagi mandiri kedepannya”, Harap Kapolda.
Dilokasi penen raya para pembeli hasil panen juga tampak antusias untuk melakukan pembelian terhadap hasil panen jagung tertsebut.

“Hasil sebelum adanya kegiatan ketahanan pangan tidak begitu maksimal tetapi setelah ada program ini hasil ini semakin membaik, saya sebagai pembeli berani ambil harga tinggi dari pada harga pasaran karena hasil panen yang sangat baik, saya yakin bahwa kedepan kualitas tanaman bakal lebih tinggi dari pada pekanbaru dan sumbar karena hasil panen yang sangat berkualitas dari pada tempat lain”. tutur salah seorang pembeli.

Luas lahan yang ada lebih 200 hektar akan di kelola dengan budaya palawija, panen hari ini juga akan di distribusikan kepada pedagang jagung bakar yang ada dipekanbaru.
Kegiatan Ini untuk mempertemukan juga petani dan pedagang yang bertujuan untuk mengangkat petani yang dalam pandangan masyarakat menganggap bahwa petani itu lemah
Jenis tanaman yang dikembangkan yaitu umbi-umbian seperti singkong, kacang panjang serta perikanan. Kelompok tani ikan desa makmur yang umurnya sama dan akan terus dikembangkan kedepannya.(Div Humas/Red)

%d blogger menyukai ini: