Kapolres Melawi AKBP. Ahmad Fadlin Akan Tindak Tegas Pelaku Karhutla

62

KAB. MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL | Kepala Kepolisian Resor Melawi AKBP. Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si memimpin langsung Apel Kesiapan pelaksanaan tugas “Operasi Bina Karuna Kapuas 2019” di Halaman Bhayangkara Mapolres Melawi, Senin (12/8/2019) pagi.

Memasuki H-2 berakhirnya “Operasi Bina Karuna Kapuas 2019” di Wilayah Hukum Polres Melawi, menunjukkan trend peningkatan titik Hotspot.

Kegiatan Briefing Pagi yang dilaksanakan setiap harinya selalu membahas tentang perkembangan situasi terkini titik hotspot (titik api) yang ada di Wilayah Hukum Polres Melawi.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si sebagai Ka Ops Res “Operasi Bina Karuna Kapuas 2019” menekan beberapa hal diantaranya agar para Kasatgas dan Kasubsatgas beserta personil yang terlibat dalam operasi melakukan pemantauan serius terhadap titik hotspot, mendatangi TKP dengan maksimal serta melakukan pemadaman. Dalam menindak pelaku pembakar hutan dan lahan harus selalu memperhatikan aturan yang berlaku.

“Untuk menghindari bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan seperti yang pernah terjadi beberapa tahun lalu, tentunya peran aktif seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga jangan sampai ada yang melakukan pembakaran. Jika pembakaran hutan dan lahan masih dilakukan maka Kami (Polres Melawi dan Jajaran) tidak akan segan-segan untuk melakukan tindakan tegas pada pelakunya. Ingat tindakan pembakaran hutan dan lahan selain merupakan tindak pidana juga sangat merugikan lingkungan, kesehatan dan perekonomian,” himbau Kapolres.

“Selama ini Bhabinkamtimas yang ada disetiap Desa telah secara intensif melakukan sosialisasi tentang bahayanya membakar lahan dan itu akan terus dilakukan. Namun saat masyarakat tetap melakukan pembakaran lahan dimusim kemarau ini, maka kita akan lakukan tindakan tegas sesuai aturan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Lanjut Kapolres, “Titik api di Kalimantan Barat Kita (Polres Melawi) masih 5 besar dari bawah. Tahun lalu ada korban jiwa di Kabupaten Melawi akibat dari kegiatan pembakaran lahan, Kita tanganin dengan baik masalah pencegahan Karhutla di Kabupaten Melawi selama ini melalui sambang, sosialisasi, himbauan, spanduk dan Pamflet Maklumat Kapolda Kalbar, mudah-mudahan masalah Karhutla tahun ini dapat di minimalisir. Carikan langkah yang efektif untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Melawi tahun ini, peran serta seluruh instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat diharapkan mampu mengatasi kebakaran hutan dan lahan secara khusus di Wilayah Kabupaten Melawi ini,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom, Kabag Ops AKP Dedy F. Siregar, S.IP., M. AP, Para Kabag, Kasat, Kasubbag, Kasi, Perwira dan seluruh Anggota Polres Melawi serta ASN Polres Melawi. Setelah dilaksanakan Apel Kesiapan pelaksanaan tugas “Operasi Bina Karuna Kapuas 2019”, Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si didampingi Karendal Ops (Kabag Ops) AKP Dedy F. Siregar dan Para Kasatgas serta Anggota, langsung bergerak menuju titik Hotspot di Bukit Matok Kecamatan Belimbing untuk melakukan pemadaman api.

Reporter: Didik Purnomo, SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini