Kapolres Subang Beserta Jajaran Melaksanakan Kungker Ke’TWA Gunung Tangkuban Perahu

KAB. SUBANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Tempat Wisata Alam (TWA) gunung tangkuban perahu mengeluarkan abu teramati yang terjadi pada hari jum’at kemarin sore sekitar puku 15:48 WIB, adanya kejadian tersebut Kapolres Subang (AKBP Muhammad Jhoni) beserta jajaran terpantau mendampingi Kapolda Jawa Bara (Irjen Rudy Sufahriadi), Sabtu (27-07-2019).

Selain Kapolres Subang terpantau Kapolres Cimahi beserta jajarannya, selian itu terlihat Itansi terkait dan anggota TNI lainnya ikut serta mengunjungi TWA gunung tangkuban perahu, kunjungan tersebut berniat memantau situasi wilayah TWA tersebut.

Hasil rapat tersebut TWA gunung tangkuban perahu ditutup sementara selama tiga hari, masyarakat baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara, tidak diperbolehkan mengunjungi TWA gunung tangkuban perahu, pernyataan tersebut dilontarkan oleh Kapolda Jabar.

“Kami sudah melihat kondisi saat ini dan setelah mendengar masukan dari seluruh stakeholder kami memutuskan untuk tiga hari ini tidak boleh ada pengunjung,” ucap Irjen Rudy saat ditemui oleh awak media.

“Kami akan melihat perkembangan tiga hari ke depan walau sudah ada dasarnya dari PVMBG bahwa statusnya masih normal dan rekomendasi tidak boleh mendekati 500 meter dari bibir kawah,” lanjutnya.

Meski pihak pengelola TWA gunung tangkuban perahu PT.Graha Rani Putra Persada (GRPP) berniat akan tetap membuka loket kunjungan dengan ketentuan pengunjung hanya diperbolehkan sampai terminal Jayagiri, Kapolda Jabar tetap melarang pengunjung untuk datang, “Tidak boleh masuk dari bawah. Kami bisa lihat debunya luar biasa, harus dibersihkan dulu,” papar Kapolda Jabar.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT GRPP (Putra Kaban), terpaksa menerima penutupan tersebut, “Semua punya niat baik, jadi enggak salah kalau kami ikuti,” tandasnya.

“Bukan kerugian yang kami utamakan, tapi keselamatan pengunjung paling utama, tapi kami lihat, sekarang sudah tenang,” tutupnya.

Reporter : Bachrie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *